Tempat Pinjam Uang Pribadi Perorangan Non Bank 2020

Mengajukan ke bank itu ribet persyaratannya. Mungkin peryataan itu secara umum masyarakat setuju, bahwa memang mengajukan ke bank itu ribet. Entah itu masasalah syarat, prosedur hingga waktu pencairannya. Apalagi yang sudah memiliki riwayat kredit yang buruk, akan susah sekali mengajukannya. Sebab bank sangat mempertimbangkannya. Akhirnya sebagian masyarakat memilih tempat pinjam uang pribadi atau perorangan lain yang sifatnya non bank untuk memenuhi kebutuhannya.

Tempat pinjam uang selain bank atau istilahnya non bank itu banyak sekali. Tidak satu dua saja. Jadi jangan khawatir ketika pinjamanmu ditolak bank. Justru pengajuannya kadang lebih mudah karena secara umum mereka tahu bahwa calon peminjam adalah bekas ditolak bank atau sejenisnya. Akhirnya mereka menawarkan apa yang membuat mereka tidak bisa memenuhinya di bank. Kasus sering terjadi adalah bi checking, ada beberapa tempat pinjaman yang tidak terlalu mempertimbangkan bi checking.

tempat pinjam uang pribadi non bank
tempat pinjam uang pribadi non bank

Beberapa alternatif tempat pinjam uang pribadi selain bank

Pinjaman pribadi perorangan diterima akan sangat bergantung kepada kemampuan finansial saat pengajuan. Jadi pertimbangkan hal tersebut. Alternatif pinjam uang pribadi ini tidak seperti perbankan yang bisa berhari hari pencairannya. Anda bisa mengajukan pinjaman dan langsung cair hari itu juga untuk keperluan mendadak. Pinjaman dibawah bisa digunakan untuk berbagai hal seperti modal usaha, kredit kendaraan, renovasi rumah dll. Berikut beberapa tepat pinjam uang pribadi non bank :

Pegadaian

Alternatif pertama adalah pegadaian. Di pegadaian kalian bisa menggadaikan barang apa saja untuk mendapatkan pinjaman pribadi perorangan. Mulai dari barang elektrinik seperti tv led, komputer, laptop, kamera, jam tangan, kulkas, kemudian perhiasan, emas serta surat surat penting. Terlepas dari mudahnya jaminan, juga syarat mudah, cukup membawa identitas ktp kalian sudah bisa mengajukannya dan proses pencairan tidak lebih dari 15 menit.

Koperasi Simpan Pinjam

Keberadaan koperasi simpan pinjamn memang sempat tergerus oleh finansial teknolog yang menyediakan pinjaman online. Namun berkat kerjasama dan jaringan yang luas koperasi simpan pinjam tetap eksis. KSP yang dulu melayani anggotanya saja, sekarang sudah membuka layanan untuk umum. Dengan begitu, bisa menjadi tempat pinjam uang pribadi selain bank/ non bank. Bahkan beberapa koperasi menyambut era digitalisasi dengan membuka layanan pinjaman online. Silakan baca : pinjaman koperasi online tanpa jaminan

Multifinance

Kalian juga bisa mengajukan pinjaman pribadi perorangan di multfinance. Apa itu si multifinance? Mungkin sebagian masyarakat agak asing dengan istilah tersebut. Menurut Peraturan OJK No. 29/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, Multifinance merupakan badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang dan/atau jasa kepada masyarakat. Kemudianmasyarakat akan menyicil atau mengangsur pembayaran kepada perusahaan pembiayaan tersebut dengan ditambah bunga, administrasi, dan lain-lain. Contoh Perusahaan multifinance adalah ADIRA Finance, Sinarmas, FIF, WOM dan lain lain.

Pinjaman online

Tempat pinjam uang pribadi non banyak yang paling banyak digunakan adalah pinjaman online. Sebab banyak penawaran dan keunggulan yang dimiliki pinjaman online. Diantaranya, pinjaman online bisa langsung cair hari itu juga. Tidak perlu jaminan apapun, kecuali KTP. Siapapun boleh meminjam asal punya ktp, termasuk mereka yang berstatus mahasiswa dan pelajar. Hanya saja kelemahannya plafon terbatas, begitu juga dengan tenornya. Pertimbangan lainnya, bunga relatif mahal.

Baca : 11 Pinjaman online 24 jam langsung cair

Bank Keliling

Pilihan terakhir jika tidak ada lagi yang lain adalah bank keliling atau kasarannya rentenir untuk mendapatkan pinjaman pribadi perorangan. Namun penulis tidak merekomendasikannya. Sebab rentenir tidak dilindungi atau diawasi oleh hukum. Jadi bisa dikatakan ilegal. Sebaiknya kalian memilih pinjaman selain ini, atau memminjam uang ke kerabat atau teman yang bisa dipercaya.

Demikianlah informasi mengenai tempat pinjam uang pribadi perorangan non bank yang bisa kalian manfaatkan untuk keperluan mendadak. Pinjamnlah karena butuh untuk keperluan yang penting penting saja, semisal untuk modal usaha, biaya pendidkan dll. Jika untuk memenuhi gengsi saja, misal kredit hp terbaru sebaiknya jangan. Sekian semoga bermanfaat.