Syarat Pinjaman Koperasi Alfamart Online

Posted on
Syarat Pinjaman Koperasi Alfamart Online
Syarat Pinjaman Koperasi Alfamart Online

Beruntung sekali yang kerja di alfamart, Kini alfamart memiliki progam baru buat karyawannya, yaitu Koperasi alfamart. Koperasi alfamart merupakan koperasi karyawan (KOPKAR) alfamart yang mefasilitasi karyawan layaknya koperasi pada umumnya. Fasilitas dan layanan alfamart seperti simpanan pokok, pinjaman tunai bunga rendah dan kredit barang. Karyawan bisa meminjam uang jika lagi butuh duit atau kredit barang barang elektronik seperti smartphone, tv, kulkas, laptop, kamera, AC dan barang rumah tangga lainnya. Mengenai syarat dan cara mengajukan pinjaman koperasi alfamart silakan baca artikel ini sampai selesai yah.

Penulis ingatkan sekali lagi ya, ini khusus koperasi alfamart. Kalau yang bukan karyawan alfamart tidak diperpolehkan menjadi anggota dan memperoleh pinjaman tunai atau cicilan barang. Semua karyawan boleh bergabung menjadi anggota koperasi, namun tidak semua karyawan bisa menikmati fasilitas dan layanannya tersebut. Terutama karyawan baru. Sebab harus menjadi anggota aktif selama beberapa bulan untuk menikmati pinjaman.

Syarat dan ketentuan Pinjaman Koperasi Alfamart

Syarat mengajukan pinjaman koperasi alfamart adalah karyawan alfamart yang sudah bergabung menjadi anggota alfamart selama 6 bulan. Jika belum bergabung menjadi anggota, silakan ajukan pendaftaran melalui kantor cabang masing masing didaerah Anda. Begini alurnya :

  • Merngisi Formulir pendaftaran yang bisa diminta di bagian koperasi di kantor cabang DC
  • Menunggu proses ACC, jika sudah aktif menjadi anggota. Tunggu waktu sampai 6 bulan untuk mengajukan pinjaman atau cicilan barang.
  • Selama menjadi anggota anda memiliki tanggung jawab berupa iuran wajib, iuran pokok, iuran wajib dan iuran sukarela. Iuran pokok adalah iuran bagi anggota baru yang harus disetorkan koperasi pas pertama kali masuk. Iuran wajib adalah iuran yang dibayarkan dalam secara berkala setiap bulan atau kesempatan tertentu. Iuran suka rela adalah iuran sukarela yang dibayarkan oleh anggota. tidak bayar tidak masalah.
  • Jumlah iuran wajib minimal 10.000 s.d 30 % gaji perbulan. Misal gaji 2 juta maka 2.000.000 x30%= 600.000

Ketentuan Pinjaman

Ketika sudah memenuhi syarat menjadi anggota koperasi alfamart selama 6 bulan dan telah memenuhi kewajibannya. Ada beberapa ketentuan lagi, antara lain :

  • Tidak memiliki hutang atau tanggungan di koperasi
  • Jumlah maksimal plafon dan kredit barang di koperasi Alfamart adalah 3 kali jumlah tabungan.
  • Jumlah cicilan atau angsuran pinjaman tidak melebihi 30% dari gaji.
  • Pinjaman dana tunai bisa sebanyak 3 kali dari total pinjaman dan untuk masa tenor sampai 24 bulan
  • Pinjaman koperasi alfamart online┬ámemiliki bunga yang sangat rendah apabila dibandingkan dengan bunga di bank. Sementara persetujuan pinjaman ditentukan oleh pihak pengurus koperasi. Bukan dari pihak alfamart atau pihak lainnya.
  • Peminjam yang belum lunas belum bisa pinjam uang lagi. Tidak ada istilahnya top up pinjaman.

Pencarian dana dan Pembayaran dana pinjaman koperasi alfamart

Pencairan dana pinjaman koperasi Alfamart via rekening bank peminjaman dalam waktu 3 periode, antara lain:

  • Input tanggal 01-10 setiap bulan, maka pencairan dana pada tanggal 25
  • Input tanggal 11-20, pencairan di tanggal 5 bulan depan
  • Input tanggal 21 -31 Cair di tanggal 15

NOTE : Catatan, usahakan berdekatan dengan tanggal gajian untuk menghindari kesulitan uang dalam mengangsur.

Pembayaran angsuran atau cicilan dilakukan dengan autodebet, artinya dipotong langsung dari rekening gaji (payroll). Pemotongan setiap tanggal 28 setiap bulan.

Bagaimana cara pengajuan pinjaman tunai atau kredit barang?

Untuk akses pinjaman tunai tidak dipublikasikan oleh umum, hanya diberi tahu dikalangan anggota koperasi. Link koperasi Alfamart hanya bisa diakses dari komputer jaringan internal yang ada di kantor cabang DC dan toko-toko Alfamart. Pengajuannya seluruhnya online, namun terbatas bagi anggota. Jadi kalau mau pinjam bisa ke pengurus koperasi langsung di masing masing wilayah.

Sementara untuk kredit barang, bisa ke alfacrat.com. Anda bisa login atau daftar dlu, Kemudian memilih barang yang akan anda cicil. alurnya begini :

  • Pilih barang, masukan ke chart atau keranjang belanja
  • Checkout.
  • Gunakan promo untuk belanja semakin hemat (kalau ada)
  • Pengiriman. Anda bisa pilih ambil ditoko maupun ke alamat rumah anda dengan Biaya gratis. Pilih toko alfamart terdekat. Sebab di kirim atau diambil dari alfamart terdekat dari rumah anda.
  • Pilih metode pembayaran corporate atau koperasi. Pilih jangka waktu dan jumlah angsuran
  • Jika disetujui makan akan ada konfirmasi pesanan melalui aplikasi.
  • Konfirmasi tersebut, berisi detail belanja dan no pesanan. Untuk pengambilan atua penerimaan tunjukan invoice tersebut.

Selengkapnya jika kurang jelas bisa baca : Panduan belanja di alfacart metode cicilan

Bagaimana kawan? sudah paham belum? Jika belum paham bisa ditanyakan lagi ke pengurus koperasinya ya. Kami hanya menampirkan informasi secara umum tentang syarat dan cara mengajukan pinjaman koperasi alfamart online untuk karyawan dan karyawati yang ganteng dan cantik. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Menolak Poligami