Cara Pemutihan BI Checking atau SLIK OJK

Posted on

Pernahkah kalian bertanya bagaimana cara pemutihan BI Checking setelah beberapa kali ditolak pengajuan pinjaman? Entah Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA) maupun kredit multiguna. Penulis rasa tidak sedikit yang mengalami kondisi seperti demikian. Ada banyak sebab mengapa kredit ditolak, tapi yang paling kentara adalah hasil BI Checking atau Sekarang di sebut SLIK (Surat Layanan Informasi Keuangan) yang dikelolah Otorisasi Jasa Keuangan, OJK. Dengan melihat hasil BI Checking, pihak perbankan bisa melihat riwayat kredit bagus atau tidak. Hal itulah yang menjadi pertimbangan disetujui tidaknya pengajuan pinjaman.

Pemutihan BI Checking

Lalu bagaimana bisa mengajukan pinjaman tanpa BI Checking? Itu sangat Tergantung pribadi masing masing nasabah. Ada yang lebih mengajukan pinjaman yang non BI Checking, Ada juga yang melakukan pemutihan BI Checking. Kalau menurut penulis pribadi lebih memilih jalan pemutihan bi checking. Alasanya karena yang namanya riwayat kredit kita sebagai nasabah akan tetap tercatat dalam daftar BI. Dan akan selalu jadi pertimbangan saat mengajukan kredit. Walau ada kabar setelah beberapa tahun pulih kembali, namun itu belum pasti dan tentunya sangat lama. Masih simpang siur juga. Jadi lebih baik melakukan pemutihan BI Checking sesuai prosedur yang benar. Sebelumnya adan bisa cek dulu BI Checking atau slik Anda, bisa baca tata cara permintaan Ideb SLIK OJK

Contents

Cara Pemutihan BI Checking

Maksudnya dari cara pemutihan BI Checking sesuai prosedur adalah melakukan pembayaran tunggakan yang belum dibayarkan sebelumnya. Bukan mengakali bi checking agar lolos maupun menggunakan jasa pembersihan pemutihan BI Checking. Soalnya ada kelewat kreatif dengan edit nama ktp agar lolos BI Checking. Padahal itu ilegal, bisa kenda pidana. Ini mungkin konyol tetap itu fakta. Penulis harap kalian tidak melakukannya. Lebih baik mengikuti prosedur pemulihan BI Checking dibawah ini:

  1. Melunasi semua tunggakan kredit Anda, baik itu dalam bentuk tunggakan kartu kredit, KPR sampai kredit motor. Jika kondisi keuangan kurangmemungkinkan untuk melunasinya. Kalian bisa berkonsultas kepada pihak penyedia kredit untuk meminta solusi, seperti restrukturisasi Kredit, diskon sekali bayar maupun cicilan bunga rendah.
  2. Setelah semua terbayar atau lunas segera minta surat keterangan lunas dari bank atau lembaga keuangan tempat kalian pernah menunggak.
  3. Bawa bukti pelunasan ke kantor OJK untuk konfirmasi agar lebih cepat pulih.
  4. Skor BI Checking akan berangsur-angsur membaik setelah melakukan pelunasan dalam kurun waktu 6 – 12 bulan.

Waktu 6-12 bulan memang cukup lama, apalagi kalian sedang membutuhkan pinjaman dalam waktu mendesak. Bingung? iya jelas. Bagi nasabah yang memiliki jaminan untuk digadaikan mungkin akan berguna seperti sertifikat rumah tanah maupun BPKB. Kalian bisa menggunakan jaminan tersebut untuk memenuhi kebutuhan mendesak Anda atau untuk menutup tunggakan sementara waktu. Kalau tidak? ke rentenir atau pinjaman online? Jangan! Baik rentenir maupun pinjaman online bunganya relatif tinggi dan plafondnya terbatas. Lalu bagaimana solusinya?

TIPS AGAR LOLOS BI CHECKING

Bagi yang mau mengajukan KPR mungkin agak ngilu harus menunggu selama itu. Namun bukan menjadi masalah, karena itu masalah waktu. Soalnya kalian juga bukan lagi dalam posisi mendesak butuh uang. Anda masih bisa ngontrak atau dirumah lama terlebih dulu. Namun bagi yang gak sabar ada beberapa tips agar lolos bi checking ketika proses spengajuan kredit berikut ini :

  • Memilih tempat pinjaman yang tidak terlalu mempertimbangkan BI Checking. Anda bisa mencari informasi lewat marketing kredit tempat tersebut. Selain itu, akan dibantu dalam proses pengajuan oleh si marketing, baca : daftar pinjaman tanpa bi checking
  • Melampirkan mutasi rekening ANDA. Ini memang wajib bagi setiap nasabah saat mengajukan kredit. Dimanapun tempat pinjamananya. Yang menjadi poinya, jika arus pemasukan lancar dan saldonya besar tentu menjadi pertimbangan bagi pihak bank. Kamu sering kan melampirkan mutasi atau fotokopi buku tabungan selama 3-6 bulan terkahir? Ya itu maksudnya.
  • Lampirkan juga NPWP. NPWP juga menjadi pertimbang apakah benar arus masukmu lancar dan dinilai taat aturan atau tidak.
  • Selebihnya adalah negosiasi saat wawancara. Ingat yang kamu hadapi itu manusia yang punya perasaan bukan robot. Jadi negosiasi perlu untuk melancarkan proses pengajuan.

Bagaimana ? Apakah ada tanggapan mengenai informasi pemutihan bi checking dan tips lolosnya? Jika ada sampaikan di komentar atau kontak kami. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian, terima kasih.

Gravatar Image
Menolak Poligami