Cara Menghadapi Debt Collector Pinjaman Online

Posted on

Punya angsuran kredit online belum sempat bayar, tapi sudah mulai di tagih? Bagaimana Cara Menghadapi Debt Collector Pinjaman Online yang mulai reseh? Mungkin Anda perlu melakukan beberapa tindakan dalam artike ini. Ditagih melulu sama debtcollector tentu sangat menggangu aktivitas sehari karena sering telpon, sms bahkan datang ke rumah berkali kali. Itu mungkin wajar, karena debt collector memang kerjaannya narik hutang. Selama tidak menganggu dan sesuai prosedur penagihan kamu harus menerima kenyataan itu. Namun kalau sudah sampai menganggu bahkan ada ancaman itu sudah diluar prosedur. Anda bisa melaporkan debt collector ke OJK selaku pengawas finance teknologi dan lembaga keuangan.

Maraknya pinjaman online baik yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, OJK maupun ilegal membuat masyarakat semakin mudah mengakses pinjaman. Apalagi penawaran pinjaman online tersebut sangat menarik perhatian para calon nasabah. Diantaranya promo seperti langsung cair, tanpa  kartu kredit, slip gali dan syarat hanya ktp serta berbagai promo menarik lainnya. Satu persatu tentu banyak masyarakat yang tergiur mencoba pinjaman online untuk sekadar memenuhi kebutuhan bulan itu atau karena memang belum punya uang. Tanpa disadari mereka sedang masuk dalam jebakan hutang yang suatu saatu akan menjerat dengan bunga yang tinggi, biaya provisi dan denda keterlamatan serta biaya absurd yang tidak dikenalkan diawal.

Kalau yang bisa membayar angsuran mungkin agak sedikit lega walaupun tetap menanggung bunga dll. Namun yang telat atau gagal bayar angsuran bisa bisa di datangi debtcollector. Jangan sangka pegang hp dapat duit pinjaman. Syaratnya kan KTP, ada alamat rumah dan indentitas lainnya. Tentu pemberi pinjaman akan merekam data anda sehingga debt collector bisa mendatangi anda dan menagih angsuran.

Cara Menghadapi Debt Collector Pinjaman Online

Hampir semua debt collector itu kesannya menyeramkan, galak dan kurang sopan. Apakah benar? Tidak juga. Mereka juga manusia yang sedang mencari nafkah, tentu mereka juga berpikir kalau terlalu menindas nasabah itu tidak baik. Sayangnya, banyak juga yang terjebak pinjaman online ilegal karena tidak begitu paham mana pinjaman online yang sudah terdaftar OJK atau belum. Kalau legal, semua pakai prosedur sehingga tidak begitu menggangu Anda yang punya tanggungan hutang. Tapi kalau yang ilegal hati hati ya kafdang menjengkelkan. Kalau sudah mulai menganggu, Anda mungkin perlu melakukan beberapa cara menghadapi debt collector pinjaman online agar tidak terlalu reseh.

Cara Menghadapi Debt Collector lewat telepon

Awal awal si debt collector akan menghubungi lewat telepon dan mengirim beberapa sms pemberitahuan dengan sopan. Pada intinya memberitahukan Anda bahwa Anda memiliki angsuran yang telat dan disegerakan untuk membayar secepatnya. Kalau belum dijawab sama kamu, debt collector akan menelpon kamu sampai belasan kali, pagi siang malam. Debt collector akan dengan sangat menemukanmu, menghubungi karena mereka mengantongi data data anda, termasuk nomor telepon kerabat Anda. Jika telepon angkatlah baik baik karena umumnya masih sopan, tanyakan juga identitasnya agar suatu saat berbuat yang aneh aneh anda mengantongi indentasnya untuk melaporkannya.

Terima dengan Baik kalau datang ke rumah

Anda jangan takut kalau debt collector datang kerumah, terima saja dengan baik baik selayaknya menerima tamu. Pada intinya, Anda itu tuan rumah. Tamu gak sopan dan macam bisa Anda diusir begitu. Bicara apa adanya, kalau belum bisa membayar ni itu karena alasan tertentu.

cara menghadapi debt collector pinjaman online
cara menghadapi debt collector pinjaman online

Selain Identitas, Tanyakan Sertifikasi Profesi dari APPI

Sertifikasi profesi adalah sertifikat kompetensi bagi para penagih hutang atau debt collector. Serifikat tersebut didapatkan dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Kalau penagih punya sertifikat ini berarti dia memang sudah kompenten dan profesional, Namun tetap saja kadang yang tidak memilikinya. Apalagi pada pinjaman online. Setiap penagih utang resmi dan legal pasti memeliki kartu sertifikasi profesi dari APPI. Anda bisa mengayakan hal ini kepada mereka. Kalau dia mulai reseh ya. Kalau masih baik baik aja, jangan dulu takut tersungging.

Surat Kuasa dari Leasing atau Fintek Pinjaman Online

Selainsertifikat yang menjadi bukti kompentensi mereka. Ada juga yang harus Anda tanyakan, yaitu surat kuasa dari leasing atau pinjaman online. Takutnya sudah jauh jauh nagih eh malah debt collector dadakan yang ga tau prosedur. Hal inilah yang kadang melakukan tindakan diluar prosedur seperti ancaman, atau pelecahan. Sudah banyak kasih terjadi. Jadi perlu ditanyakan surat kuasan, apakah remsi atau tidak biar anda aman. Walau surat kuasa bentuknya bisa berbeda-beda, namun yang pasti, isinya mencakup seluruh identitas penting. Misalnya informasi kop surat, identitas perusahaan finance, atas nama debt collector, serta informasi tagihan yang dimaksud. Ini efektif dalam cara menghadapi debt collector pinjaman online yang ilegal.

Sertifikat Jaminan Fidusia (Salinannya)

Kalau kebanyakan pinjaman online memang tanpa agunan, namun jika bentuk kreditnya barang akan sangat berguna jika menanyakan sertifikat jaminan fidusia. Ini mungkin Cara terakhir untuk menghadapi debt collector pinjaman online yang sifatnya berkas. Soalnya marak perampasan barang barang jaminan dari debcollector tanpa menunjukkan salinan surat jaminan fidusia.

Profesional atau Dilaporkan OJK

Karena sudah tahu identitas penting perushaan dan debt collector kalau terjadi apa apa diluar pada semestinya , Anda bisa melaporkan ke OJK. Anda bisa membawa identitas tersebut ke OJK telah melakukan ancaman, atau tindakan negatif lainnya. Jika memang punya surat tugas atua kuasa bisa diberhentikan dari tugasnya. Parahnya bisa dicabut serifikat profesinya. Jadi usahakan kalau berhadapan dengan debt collector.

Sosial Enginer

Sosial enginer adalah cara dam perlakuan kepada debt collector atau seseorang yang membuat debt collector tersebut ga enak. Misal ketika debt collector datang ke ruamh disuruh makan dan segalanya. kemudian diajak ngobrol barang teman teman kalian. Sehingga dia tidak punya waktu untuk mengutarakan tagihan karena da rasa ga enak.

Baca juga : Pinjaman online tanpa bi checking

Itulah beberapa cara menghadapi debt collector pinjaman online lewat telepon, datang ke rumah atau ketemu dijalan. Pasrikan kalian jangan sampai diperlakukan diluar prosedur penagihan yak. Semoga saja informasi ini bermanfaat. agar anda ga kabur dari pinjaman online. Hadapi saja.

Gravatar Image
Menolak Poligami