Cara Daftar Agen BRILINK Online, Berapa Modalnya?

Posted on

Kehidupan tidak terlepas dengan kebutuhan alat tukar berupa uang. Sebagaimana salah satu barang paling berharga, hampir semua bidang selalu berkaitan dengan uang. Maka dari itu adanya lembaga perbankan menjadi salah satu imperium terbesar untuk segala urusan. Termasuk membuka akses untuk daftar agen brilink.

Daftar agen brilink
Daftar agen brilink

Bank adalah salah satu pusat yang mengatur  stabilitas keuangan yang berputar di suatu negara. Terlepas dari itu, banyak sekali bank-bank yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Profil Singkat Bank Rakyat Indonesia (BRI)

BRI merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Pertama kali didirikan di kota Purwokerto, Jawa Tengah pada tanggal 16 Desember 1895. Orang pertama yang bertanggungjawab atas berdirinya BRI di Purwokerto adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja.

BRI awalnya memiliki nama lain, yaitu Purwokertosche Hulp en Spaarbank der inlandsche Hoofden.

Pada tahun 1992, menurut peraturan pemerintah no. 21, status BRI pun berubah menjadi perseroan terbatas.

Beberapa Produk BRI

Sebelum Anda menetapkan untuk mendaftar agen BRILink, tidak ada salahnya untuk mengetahui pula beberapa produk yang BRI tawarkan.

Sebagaimana diketahui, BRI merupakan bank terbesar di Indonesia. Selain sebagai tempat untuk menabung, BRI juga memberikan beragam layanan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa produk/layanan yang BRI tawarkan, antara lain;

  1. SIMPEDES

Simpedes merupakan salah satu layanan simpanan tabungan. Produk ini memperluas jaringan layanan hingga ke pelosok desa. Maka dari itu, SIMPEDES sangat cocok bagi masyarakat pedesaan yang ingin menyimpan tabungannya untuk hari tua. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti KTP, KK, mengisi formulir di bank setempat dan dana untuk membuka rekening minimal Rp100.000.

  • BRITAMA

BRITAMA sedikit berbeda dengan produk sebelumnya. Jika SIMPEDES menargetkan pada nasabah di pendesaan, maka target nasabah Britama adalah lingkungan perkotaan. Produk layanan ini juga lebih tinggi sedikit ketika penyetoran awal sebagai pembukaan rekening, yaitu minimal sebesar Rp.250.000.

Selain itu, ada pula beberapa jenis BRITAMA yang bisa dipilih, seperti Britama bisnis, Britama X, Britama Valas dan Britama Rencana.

Adapun syarat yang harus dilengkapi seperti; usia minimal 17 tahun, KTP/NPWP, mengisi form dan lain hal.

  • JUNIO

Junio merupakan akses tabungan yang tujuannya adalah anak-anak. Salah satu keunggulan dari layanan ini adalah adanya asuransi kecelakaan gratis sebesar 250% dari saldo nasabah. Syarat yang diperlukan yaitu orang tua dari nasabah harus memiliki rekening BRI. Selain itu juga dipersiapkan seperti KTP orang tua, akte, admin Rp100.000.

Setoran minimal Rp10.000 saja.

  • HAJI

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam. Banyak yang merencanakan untuk bisa berangkat ke tanah suci, tetapi masih bingung dalam mengelola keuangan. Jika Anda salah satunya, maka pilihan membuka rekening tabungan haji adalah pilihan terbaik.

Tabungan haji di BRI memfokuskan Anda untuk memiliki biaya ketika akan menunaikan ibadah haji.

Anda pun tidak perlu khawatir, karena layanan ini sudah bekerja sama dengan  Siskohat dari Departemen Agama. Ketika Anda mendaftar dan menabung, maka otomatis Anda terdaftar sebagai calon haji. Ada pun setoran awal yang perlu dipersiapkan adalah Rp50.000 dan beberapa persyaratan lain.

  • BritAma Muda

BritAma Muda juga dikenal dengan nama lain yaitu BritAma X. Tabungan ini didesain khusus dengan elegan, sehingga memungkinkan kaum milenial lebih menyukai tampilannya yang dinamis. BritAma Muda juga difasilitasi dengan e-banking serta real time online. Hal ini tentunya mempermudah para kaula muda untuk menikmati layanan terbaik dari BRI.

BritAma jenis ini juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan asuransi kecelakaan dini hingga Rp150.000.000 dengan premi gratis.

Persyaratan yang harus dipenuhi seperti minimum usia 17 tahun s/d 35 tahun, KTP, setoran awal Rp100.000 dan mengisi formulir di cabang bersangkutan.

Sukses dengan Memulai Daftar Agen BRILINK

Apa itu BRILink?

BRILink adalah salah satu layanan sekaligus peluang usaha untuk para nasabahnya. Brilink memungkinkan Anda untuk dapat melakukan beberapa transaksi tanpa harus melalui teller di bank cabang setempat.

Peluang usaha ini hanya dapat dilakukan oleh nasabah BRI sendiri.

Pada tahun 2012 pemerintah beserta bank Indonesia merencanakan untuk melakukan pelayanan tanpa melalui kantor cabang. Kemudian pada tahun 2015 OJK (Otoritas Jasa Keuangan) meluncurkan program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif).

Dengan adanya program tersebut, kemudian BRI menindaklanjuti dengan peluncuran BRILink.

Keuntungan adanya BRILink dapat dirasakan oleh kedua belah pihak. Untuk bank BRI sendiri, hal ini memungkinkan untuk memiliki nasabah hingga ke pelosok dan tempat terpencil. Untuk nasabahnya sendiri, adanya layanan BRILink menjadi salah satu benefit hingga jutaan rupiah per bulannya. Selain itu nasabah yang mendirikan BRILink mendapatkan asuransi kecelakaan serta tunjangan.

Syarat Daftar Agen BRILink

Beberapa persyaratan daftar agen BRIlink yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut;

  • Harus merupakan nasabah BRI
  • Berdomisili sama dengan kantor tempat Anda mengajukan menajdi agen
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal satu tahun
  • Memiliki surat izin usaha
  • Tempat adalah milik pribadi, atau sewa dengan catatan sedang berjalan masa sewa minimal satu tahun
  • Mengisi formulir permohonan dan menandatangani perjanjian
  • Memiliki rekening BRI dengan saldo yang mencukupi untuk transaksi.

Beberapa hal sebelum Anda mengajukan diri untuk mendaftar adalah, adanya dana yang akan dibekukan oleh pihak bank. Dana tersebut tentunya berasal dari tabungan Anda sendiri. Hal ini bertujuan sebagai jaminan selama Anda menjadi agen. Dana yang akan dibekukan juga tergantung, biasanya sejumlah Rp3.000.000 untuk rekening yang tidak memiliki pinjaman. Untuk yang memiliki rekening pinjaman, dana dibekukan sebesar Rp500.000.

Selain itu, BRI hanya akan memberikan Anda mesin EDC, itu mengapa Anda harus memiliki sejumlah di rekening BRI untuk mengawali usaha agen Anda.

BRI sendiri memberikan target pada setiap agen yang menjalankan usahanya. Yaitu minimal 200 transaksi di tiap bulannya.

Layanan yang Diberikan Agen BRILink

Bagi Anda yang berhalangan untuk mendatangi kantor cabang. BRILink memudahkan Anda untuk melakukan transaksi tanpa harus capek-capek antri. Beberapa kemudahan yang diberikan oleh layanan BRI di antaranya;

  • Isi pulsa
  • Pembayaran listrik pra bayar
  • Pembayaran finance, FIF, WOM dan OTTO
  • Setor uang tunai
  • Tarik tunai dan lain-lain.

Menjalankan usaha agen BRILink memang tidak semudah apa yang Anda bayangkan. Untuk menjadi agen yang sukses, minimal Anda harus mencapai target setiap bulannya. Pun ketika Anda tidak dapat mencapai target, maka Anda akan mendapatkan pinalty, yaitu sebesar Rp1.000 dikalikan dengan jumlah target yang belum tercapai. Namun, hal ini berlaku jika usaha agen Anda sudah mencapai lebih dari 7 bulan usaha berjalan.

Baca juga ; cara transfer uang lewat BRIlink dan biayanya

Selain itu, Anda juga harus pandai melakukan promosi agar usaha yang Anda jalankan tidak stuck ditengah jalan. Mengenai modal agen brilink yang harus dikeluarkan itu tergantung layanan yang akan tawarkan kepada masyarakat. Secara umum, masyarakat lebih menggunakan agen brilink ke tarik dan setor tunai dan kadang kadang transfer. Jarang untuk pembelian pulsa dkk karena mungkin tidak setenar konter pulsa. Jadi modal 5-10 sudah cukup, bisa ditambah seiring berjalannya brilink. Kalau memang modalnya paspasan, Anda bisa membatasi transaksi, misal 10 juta dalam sehari.

Sekian untuk penjelasan daftar Agen BRILink, semooga usaha yang Anda jalankan menjadi gerbang kesuksesan.

Semoga bermanfaat.

Sekian.

Gravatar Image
Menolak Poligami