5 Aplikasi Pinjaman online Tanpa Bunga, Dana Syariah

Aplikasi pinjaman online tanpa bunga
Aplikasi pinjaman tanpa bunga

Apa ada si pinjaman online tanpa bunga? Finansial teknologi mana yang mau rugi tidak mengenakan bunga pada produk pinjamannya? Justru selama ini pinjol, singkatan dari pinjaman online menerapakan bunga relatif lebih mahal di bandingkan perbankan. Mungkinkah itu pinjaman dana syariah? Mungkin saja, kalian sebagai umat muslim terhindar riba. Namun dalam prinsip syariah pun ada yang namanya tarif jasa (ijarah) yang harus kalian bayarkan. Atau jika kredit barang ada akad mudharabah (akad jual beli).

Jika memang ada pinjaman tanpa bunga, pasti menggunakan prinsip prinsip syariah. Namun sebelumnya kalian perlu mengetahui beberapa prinsip syariah yang digunakan dalam pinjaman online syariah. Yang paling membedakan adalah sistem mencari keuntungan atas pinjaman. Kalau syariah menggunakan akad akad. Akad yang sering digunakan adalah akad mudharabah dan ijarah. Selain itu pinjaman onlien syariah tidak diawasi OJK, melainkan Dewan Pengawas Syariah, DPS.

Beberapa Aplikasi Pinjaman online tanpa bunga

Sebenarnya aplikasi pinjaman online tanpa bunga merupakan pinjaman syariah, bukan pinjaman yang pengembaliannya sama dengan saat meminjaman. Bukan begitu. Mana ada lembaga keuangan yang begitu? rugi banyak dong. Kecuali kalian pinjam uang ke teman atau keluarga. Mungkin bisa. Tapi minimal dengan prinsip prinsip syariah, kalian terhindar dari riba. Sebab riba dalam Islam, itu haram. Dosa.

Syarq – Kredi tonline syariah

Jika kalian pernah kredit barang di kredivo, berarti hampir sama dengan syarq, hanya saja syarq menggunakan prinsip syariah. Akad yang digunakan adalah mudharabah. Maksudnya, pihak syarq membelikan barang sesuai keinginan anda, nanti anda mengangsur ke pihak syarq sesuai perjanjian. Nominal harga yang diangsur tentu sudah ditambah keuntungan atau margin.

Amartha Syariah

Amartha syariah yang merupakan PT Amartha Mikro Fintek adalah fintech berbasis syariah di Indonesia yang fokus utamanya pada pengembangan usaha mikro di tanah air. Fintek ini cukup berkembang pesat, karena masih jarang fintek berbasis syariah, sementara di Indonesia sendiri mayoritas muslim yang enggan pinjam uang ke fintek berbunga.

Amartha dalam penyalurannya menggunakan layanan Peer-to-Peer (P2P) Lending guna memudahkan investor investasi pada pembiayaan usaha mikro dan kecil (UMKM) di Indonesia. UKM yang dibiayai diutamakan UKM di pedesaan. Akad yang digunakan meliputi Aqad Al Murabaha, Al Ijarah, serta Al Hiwalah sesuai tujuan pengajuan pembiayaan ke penerima.

Investree Syariah

Aplikasi pinjaman online tanpa bunga yang merupakan fintek berbasis syariah adalah Investree. Pada proses peminjaman tidak ada bunga yang akan dikenakan, hanya saja ada biaya administrasi yang kompetitif sesuai dengan credit-scoring modern. Biaya biaya tersebut masuk dalam wakalah atau ujrah, itupun ditunjukan saat awal pengajuan sehingga transparan tidak ditutupi.

Kalian bisa pinjam uang tanpa bunga di investree mulai dari 5 juta hingga 100 juta (tergantung skore kredit) dengan jangka waktu sampai 6 bulan. Dana yang cair bisa digunakan untuk pembiayaan usaha, konsumtif dan apapun yang penting menyertakan saat pengajuan, harus jelas. Pengajuan 100 online, sehingga jadi lebih cepat.

Danasyariah.id

Bagi pengusaha kekurangan modal ditengah jalan, kalian bisa memanfaatkan danasyariah.id untuk meminta pembiayaan proyek proyek di bidang properti. Danasyariah sementara masih fokus pada pembiayaan pembiayaan properti, jadi selain itu belum bisa menerima. Silakan daftar pengajuan pembiayaan proyek kalian denagn syarat dibawah ini :

  1. Nasabah medaftar menjadi member di Dana Syariah dengan cara kontak Dana Syariah (silakan kunjungi website offisialnya danasyariah.id)
  2. Mengajukan proposal pembiayaan untuk dicarikan pendanaannya pada portal Dana Syariahsesuai dgn Template.
  3. Bersedia di survei oleh Tim Dana Syariah kelokasi (lokasi proyek, kantor dan atau tempat usaha)
  4. Perjanjian awal dengan penerima pembiayaan dan pemberi.
  5. Penggalangan Dana untuk pembiayaan proyek properti dilakukan selama 30 hari melalui platform aplikasi Dana Syariah
  6. Penandatanganan akad Syariah Pemilik Proyek dengan pihak Dana Syariah. (Jika ada kesepakatan)

Gunakan sesuai kebutuhan

Memang aplikasi pinjaman online tanpa bunga agak sedikit tibet, tidak bisa langsung cair. Karena semua harus jelas dari akad dan tujuannya pembiyaannya. Dari daftar diatas, kalian bisa memilih mana pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan. Jika pembiayaan usaha, kalian bisa emmilih danasyariah, investrei, amartha dan jika konsumtif bisa memilih kredit barang di Syarq. Sekian, semoga membantu.

Add a Comment