Tabel KUR Mandiri 2019 100 Juta Bunga 0,3 %

Salah satu cara mendapatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa Dukungan adalah Kredit Usaha Rakyat. KUR memang menjadi progam pemerintah dalam mengatasi kemisikan lewat pengembangan usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta koperasi. UMKM merupakan daya dorong kemajuan ekonomi Indonesia, sebab menyumbang PDB (Produk domestik Bruto) yang lumayan di Indonesia. Pemerintah bekerja sama dengan perbankan dalam menyalurkannya, mungkin salah satunya Bank Mandiri. Anda bisa membaca syarat dan tabel angsuran KUR Mandiri terbaru pada artikel ini.

Sudah banyak masyarakat yang meminta KUR untuk mengembangkan usahanya. Pelaku Usaha sangat antusias terhadap progam pembiayaan ini. Sebab penerapan bunganya ringan dan bisa tanpa Jaminan. Terbilang hanya 7% per tahun atau 0,3% per bulan. Bank Mandiri sendiri pada kuartal 1 tahun 2019 telah menyalurkan dana sebesar 5,7 Triliun. Sebagian besar disalurkan ke sektor produksi seperti bidang pertanian dan perikanan. Hal ini memang perlu pemerintah, agar penyaluran dana sebesar 60% harus ke arah sektor produksi.

Kriteria UMKM yang Layak Dapat KUR Mandiri

Apa syarat mendapatkan KUR Mandiri? Bagaimana kriteria UMKM yang layak di danai? Untuk pertimbangan ini memang sepenuhnya ditentukan oleh Bank Mandiri sebagai penyalur. Namun secara umum pemerintah Indonesia telah memberitahukan, bahwa yang layak didanai memiliki kriteria. Kriteria tersebut adalaj usdaha yang feasible, namun belum bankable. Apa maksud hal tersebut?

Maksud dari feasible sendiri adalah usaha tersebut layak didanai karena memiliki potensi berkembang dari segi keuntungan. Sedangkan belum bankable artinya tidak memenuhi syarat pinjam bank. Mungkin karena belum memiliki ijin usaha atau profil usaha yang kurang lengkap. Ini adalah masalah klasik sejak dulu di Indonesia, dimana banyak usaha yang layak didanai tpi tidak mendapatkan akses perbankan. Maka dari itu pemerintah melalui KUR berpihak kepada UMKM yang seperti itu. Dengan harapan, lebih mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca juga : KUR BRI 50 juta

Jenis KUR Mandiri

Ada beberapa jenis KUR Mandiri yang ditetapkan pemerintah sesuai dengan segmentasi usaha, yakni mikro, Ritel DAN TKI. Berikut penjelasanya :

MikroritelTKI
plafon25 juta>25-500 juta25 juta
TenorModal kerja : 3 th
Investasi : 5 th
Modal kerja : 4 th
Investasi : 5 th
3 th
Bunga/thbunga 7%7% 7%
JaminanTidak wajibwajibwajib
TujuanUMKM-K UMKM-K TKI

Ketentuan Umum KUR Mandiri

  • Calon Penerima tidak sedang menerima kredit usaha lain baik dari perbakan maupun non bank. Tapi boleh untuk kredit konsumtif seperti kredit kepemilikan rumah, kredit/leasing kendaraan bermotor dan kartu kredit.
  • Tidak masuk Black List BI Nasional
  • Usia minimal 21 tahun dan saat kredit lunas usia maks 60 tahun.
  • Usaha yang akan didanai adalah usaha yang produktif dan layak dan telah berjalan 6 (enam) bulan
  • Untuk KUR TKI: Memiliki perjanjian kerja/ kontrak kerja minimal 2 (dua) tahun

Dokumen dokumen persyaratan :

  • Fotokopi KTP, Kartu keluarga, atau surat nikah
  • Lampiran rekening koran selama 3 bulan terakhir
  • Surat Ijin Usaha kecil atau yang setara
  • Jaminan jka mengajukan lebih dari 25 juta
  • NPWP, jika lebih dari 50 juta
  • TKI : Bukti kontrak kerja

Cara Mengajukan KUR Mandiri sama kompilasi Anda mengajukan pinjaman bank mandiri lainnya. Ada beberapa prosedurnya yang memang harus dilewati. Dari mulai pengajuan ke kantor cabang, verifikasi dokumen dan kelayakan, survei lokasi usaha, dan persetujuan kredit hingga pencairan. Semua proses membutuhkan waktu beberapa minggu karena harus mengantri dari calon kandidat lain. Tidak perlu khawatir karena jika perlu Anda sesuai dengan kriteria pasti mendapatkan dana.

Tabel Angsuran KUR Mandiri

Tabel Angsuran KUR Mandiri
Tabel Angsuran KUR Mandiri

Sebagai bonus untuk artikel kali akan kami lengkapi dengan Tabel angsuran KUR Mandiri. Tabel tersebut sebagai pilihan jika kamu memilih plafon dan tenor tertentu angsuranya bisa tergambar dan bisa disesuaikan dengan kemampuan perbulan finansial. Angsuran tetap dan bunganya ringan.

Itulah informasi mengenai persyaratan, jenis dan tabel angsuran KUR Mandiri yang bisa jadikan referensi sebelum dimintanya. Sejatinya KUR memang sangat pas bagi para pengusaha UMKM yang kekurangan modal dalam mengembangkan usahanya. Tidak wajib, bunga rendah dan jangka panjang. Silakan dicoba, semoga berhasil mentertaimu. Terima kasih

Sumber :

https://www.bankmandiri.co.id/kredit-usaha-rakyat-kur  
https://money.kompas.com/read/2017/02/14/210000726/masalah.klasik.umkm.feasible.tetapi.tidak.bankable. https://finansial.bisnis.com/read/20190426/90/915977/kuartal-i2019-penyaluran-kur-bank-mandiri-capai-rp517-triliun-

Add a Comment