Tabel Angsuran KUR BRI 50 Juta 2019

Banyak cara agar kebutuhan seseorang dapat terpenuhi. Mulai dari bekerja hingga melaksanakan usaha yang dikelola sendiri. Namun, dengan banyaknya potensi yang dimiliki, melakukan usaha merupakan jalan terbaik. Mungkin anda harus mencoba pinjaman KUR BRI baik mikro yang limitnya 25 juta atau yang RITEL sampai 50 juta.

Modal, memang selalu menjadi hambatan tersendiri. Banyak calon pelaku usaha yang harus mengubur dalam-dalam keinginannya. Hanya karena modal yang memang belum cukup memenuhi kebutuhan.

Dengan permasalahan di atas, bank BRI memberikan solusi kredit. Banyak jenis kredit atau pinjaman yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah pinjaman BRI Kredit Usaha rakyat Rakyat, KUR. Lihat syarat, cara serta tabel angsuran kur BRI dibawah ini.

Apa Itu Pinjaman BRI KUR?

Kredit Usaha Rakyat atau KUR BRI , merupakan salah satu program pinjaman dana dari pemerintah. Seorang debitur, dapat mengajukan pinjaman sejumlah uang ke bank BRI dengan memenuhi persyaratan tertentu. Pinjaman atau plafon yang disediakan bank BRI terbilang tinggi. Maksimal pinjaman yaitu sampai dengan Rp 500 juta.

Terhitung tahun 2019, BRI menyediakan plafon hingga senilai Rp140 Triliun.

Menurut sekretaris BRI, Bambang Tri Baroto,  pada tahun 2018 hingga bulan Februari, bank BRI sudah menyalurkan KUR senilai Rp69 Triliun. Atau setara dengan 86,6% dari target semula yaitu Rp79,7 Triliun. Dan kemungkinan akan terus menanjak.

Untuk suku bunganya sendiri terbilang rendah, hanya 7% per tahunnya. Suku bunga tahun sekarang mengalami penurunan, yang awalnya 9% per tahun. Hal ini tentunya merupakan kabar gembira bagi para calon debitur.

Keuntungan Pinjaman BRI KUR

Beberapa keuntungan yang Anda dapat, saat mengajukan KUR ke bank BRI:

  • Bebas biaya admin/provinsi
  • Prosesnya mudah dan tidak ribet
  • Plafon cepat cair
  • Transparan terhadap para debitur
  • Fleksibel dapat dijangkau oleh semua golongan
  • Suku bunga rendah
  • Dapat memilih jenis KUR sesuai keinginan dan kebutuhan

Syarat Pinjaman BRI KUR

Meskipun dapat diajukan oleh semua kalangan. Beberapa syarat berikut ini wajib Anda penuhi sebagai calon debitur. Apabila persyaratan atau dokumen tidak lengkap, kemungkinan pengajuan akan ditolak pihak bank. Syarat (umum) pinjaman BRI KUR yang harus dipersiapkan;

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Pas photo
  • Akta usaha atau sejenis
  • Surat perijinan usaha atau sejenis
  • Laporan keuangan.

Jenis Pinjaman BRI KUR dan Ketentuannya

Ada bermacam pinjaman BRI KUR yang bisa Anda pilih. Sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Apa saja?

KUR Mikro

KUR jenis ini diperuntukkan untuk Individu. Yang sudah memiliki usaha minimal sudah berjalan 6 bulan. Calon debitur dilarang sedang menerima kredit dari perbankan lain kecuali jenis konsumtif.

Syarat yang dipersiapkan; KTP, KK, surat izin usaha dan beberapa persyaratan lain.

Maksimal tenor yang diberikan adalah Rp25juta per debitur. Angsuran berlangsung 3-5 tahun tergantung tenor yang dipilih.

Suku bunga untuk efektif 7% per tahun atau flat 0,41% per bulannya.

Ada dua jenis KUR Mikro yang bisa Anda pilih: Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Investasi (KI).

KUR Ritel BRI

Untuk KUR BRI jenis ini, Anda harus sudah memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Plafon maksimal yang dapat dipinjam sebesar Rp25 hingga Rp500 Juta. Untuk jangka waktu angsuran 4-5 tahun.

Suku bunga efektif 7% per tahun.

Jenis KUR Ritel sama seperti KUR Mikro, yaitu Kredit Modal Kerja atau Kredit Investasi. Keuntungan KUR Ritel tidak adanya biaya administrasi dan biaya provinsi.

KUR TKI BRI

Jenis ini diperuntukkan bagi calon TKI. Syaratnya berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), surat perjanjian usaha dan pengguna jasa, surat perjanjian penempatan, Paspor, dan visa.

Plafon diajukan sesuai ketentuan dan maksimal tenor hingga 3 tahun. Suku bunga efektif 7% per tahun atau setara flat 0,41% per bulannya.

  • KUR Linkage Program (Executing)

Dapat diajukan oleh perorangan atau lembaga keuangan/BKD/Koperasi Sekunder/kelompok usaha/AD/ART.

Syaratnya debitur sudah memiliki izin usaha. Serta sudah atau sedang berjalan minimal 6 bulan. Plafon yang diberikan pihak bank Rp100 Juta hingga Rp2 M (disesuaikan). Tenor untuk jenis KMK hingga 3 tahun. Dan KI maksimal 5 tahun. Suku bunga 13%-22% per tahun/disesuaikan.

  • KUR Linkage Program (Channelling)

Diperuntukkan bagi yang sedang tidak menikmati KMK/KI/Kredit pemerintah kecuali konsumtif. Plafon disesuaikan dengan ketentuan KUR Mikro dan KUR Ritel.

Tenor untuk KMK maksimal 3 tahun dan 5 tahun untuk jenis KI.

Selain lima jenis KUR di atas. Ada satu lagi KUR Khusus, yang merangkap sektor perkebunan rakyat dan peternakan yang sedang dijalankan sekelompok pengusaha. Plafon yang disediakan terbilang besar yaitu Rp25-Rp500 Juta.

Baca juga ; KTA BRIGUNA BRI

Tabel Angsuran Pinjaman KUR BRI

Tabel di bawah ini, bisa Anda jadikan acuan untuk mengajukan plafon.

TABEL ANGSURAN KUR BRI 50 JUTA
TABEL ANGSURAN KUR BRI 50 JUTA

Di tabel tersebut sudah tertera berapa jumlah plafon yang diambil serta besarnya angsuran selama 12-36 bulan. Angka-angka tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Sesuai dengan kebijakan bank BRI.

Setelah mengetahui seputar jenis serta syarat-syaratnya. Anda bisa mulai mengajukan pinjaman KUR di BRI terdekat. Sebelum itu, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut sebelum Anda melakukan pinjaman. Apa saja?

  • Pilihlah jenis KUR yang sesuai dengan kebutuhan. Pahami apa yang perlu dilakukan setelah plafon cair dari pihak bank.
  • Penuhi persyaratan yang dibutuhkan. Banyak kasus penolakan kredit dibatalkan oleh pihak bank. Pasalnya persyaratan calon debitur ternyata kurang lengkap atau bahkan tidak sesuai prosedur.
  •  Usahakan penghasilan dapat memenuhi cicilan. Sehingga Anda tidak mengalami hambatan saat melakukan angsuran.
  • Memiliki riwayat kredit lancar. Jika catatan kredit Anda lancar, atau pernah sebelumnya mengajukan kredit di bank BRI yang sama, Ini akan menjadi poin lebih. Pihak bank akan lebih mempercayai untuk memberikan Anda pinjaman. Bahkan tanpa hambatan. Namun, apabila ternyata riwayat kredit Anda cacat, kemungkinan pengajuan kredit akan ditolak pihak bank.

Sampai di sini penjelasan mengenai seputar pinjaman KUR BRI. Untuk mengetahui lebih jelas, Anda dapat menyambangi kantor BRI cabang terdekat. Semoga bermanfaat.Sekian.

Add a Comment