9 Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan dan Jenisnya 2019

syarat pinjaman bri tanpa jaminan
syarat pinjaman bri tanpa jaminan, kta briguna

Syarat pinjaman bank bri tanpa jaminan Semakin berkembangnya zaman, semakin besar pula kebutuhan seseorang. Gaya hidup juga menjadi salah satu tuntutan yang tidak bisa dielakkan begitu saja.  Banyak cara yang dilakukan seseorang hanya untuk dapat memenuhi kebutuhan standar hidupnya. Salah satunya adalah dengan cara meminjam.

Namun, dengan adanya fasilitas bank di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, ini menjadi jalan tercepat. Salah satunya adalah bank BRI yang memberikan kemudahan peminjaman uang. Nah, sebenarnya ada dua jenis pinjaman yang bisa Anda pilih. Yaitu dengan jaminan atau tanpa jaminan (KTA). Hanya saja mungkin, Anda masih bingung untuk syarat pinjam uang di bank BRI tanpa jaminan? Yuk, disimak ulasan berikut.

Jenis-Jenis Kredit Bank BRI

Bank BRI merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Di dirikan pertama kali di daerah Purwokerto, Jawa Tengah pada tahun 1895. BRI banyak memberikan berbagai fasilitas salah satunya adalah peminjaman uang.

Setidaknya ada 5 jenis kredit yang bisa Anda pilih. Yaitu:

KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Kredit jenis ini, ditunjukkan bagi para pelaku pebisnis mikro dan menengah. Pinjaman ini merupakah salah satu pinjaman uang  di bank bri tanpa jaminan sampai dengan 25 juta. Syarat pinjaman BRI tanpa jaminan lewat kur diantaranya ; minimal calon debitur memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan. Suku bunga yang didapat sebesar 9% per tahunnya atau setara 0,75% per bulan.

KUPEDES.

Jenis kredit ini bisa diajukan oleh individual atau pelaku usaha. Baik dari segala bidang apa pun. Bunga persenan per tahun terbilang rendah. Ada biaya admin yang harus dikeluarkan hanya sebesar Rp10.000 saja. Kelebihannya Anda mendapatkan biaya ansuransi.

KRB (Kredit Kendaraan Bermotor).

Ingin memiliki mobil? Tapi terkendala biaya? KRB adalah salah satu kredit yang dapat membantu masalah tersebut. Dana Pinjaman sebesar 25% dari harga kendaraan. Jangka pembayaran untuk mobil baru sekitar 6 tahun. Dan 4 tahun untuk mobil bekas.

KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).

Rumah, adalah salah satu kebutuhan sekunder bagi setiap orang. Tapi mungkin bagi Anda yang hanya memiliki penghasilan tetap, merupakan kendala besar untuk membeli rumah secara tunai. Dengan KPR Anda dapat mewujudkan memiliki rumah impian. Jangka waktu pembayaran terbilang panjang, yaitu hingga 20 tahun. Anda juga mendapatkan asuransi. Syaratnya adalah calon debitur berusia minimal 21tahun atau sudah menikah.

BRIGuna (Kredit Tanpa Agunan).

BRIGuna merupakan kredit paling banyak diminati. Pasalnya kredit jenis ini tidak memerlukan jaminan tertentu.

Dari beberapa contoh di atas, yang akan saya ulas adalah BRIGuna. Yang merupakan pinjaman tanpa jaminan.

Nah sebelum mengetahui jenis BRIGuna dan syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan, apa sih keuntungan pengajuan KTA?

Keuntungan Kredit Tanpa Agunan Bank BRI

Keuntungan dari adanya KTA adalah tidak perlunya ada jaminan. Misalkan Anda tidak mempunyai BPKB, pengajuan tetap bisa dilakukan. Hanya saja ada beberapa syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan yang perlu dipenuhi.

Namun, ada keuntungan lain juga yang bisa Anda dapatkan. Apa saja?

  • Praktis tanpa jaminan. Tidak harus repot-repot meminjam kesana-kemari, belum lagi dengan berbagai syarat yang rumit. Anda tetap dapat menggunakan mobil tanpa mencemaskan BPKBnya. Tapi untuk pembayaran tetap harus teratur. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk pengajuan lainnya.
  • Fleksibel. Modal yang dipinjam bisa Anda gunakan untuk keperluan apa saja. Belanja, membeli barang, modal usaha, modal pesta dan lainnya. Namun, ada baiknya tetaplah bijak dalam menggunakan uang pinjaman. Misalnya untuk membangun kembali usaha, sehingga ada perputaran antara pendapatan dan biaya pembayaran kredit tiap bulannya.
  • Cepat dan Mudah. Tidak perlu banyak waktu untuk segera mencairkan dana KTA. Biasanya pencairan kurang dari seminggu saja.

Syarat BRIGuna

Meski dengan berbagai kemudahan yang didapat. Tentunya ada beberapa syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan yang harus Anda penuhi. Agar pengajuan yang dapat disetujui oleh pihak bank.

Syaratnya;

  • Kartu Identitas Diri  (KTP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Keterangan (SK) pengangkatan pertama dan terakhir di tempat kerja.
  • Slip Gaji
  • Fotocopy buku tabungan bank BRI
  • Slip gaji
  • Mengisi form Pendafataran.

JENIS BRIGUNA

Setelah menyiapkan beberapa syarat KTA bank BRI tanpa Agunan, selanjutnya pilihlah BRIGuna sesuai dengan kebutuhan. Dilansir dari website resmi bank BRI. Setidaknya ada empat jenis BRIGuna yang bisa Anda pilih. Diantaranya:

  1. BRIGuna Karya

KTA jenis ini diperuntukkan bagi calon peminjam yang memiliki gaji tetap. Proses pencairan terbilang lumayan cepat. Suku bunga serta biaya terbilang kompetitif. Ringan serta angsurannya tetap. Anda juga mendapat fasilitas asuransi sampai dengan Rp500juta.

  • BRIGuna Purna

Calon debitur haruslah memiliki sumber pembayaran gaji atau income (uang pensiun).

Kelebihan BRIGuna adalah tidak adanya pengendapan Dana. Di lain waktu juga disuguhkan promo-promo bagi para debitur. Diberikan asuransi serta apabila debitur meninggal dunia, maka pembayaran akan dicover asuransi.

  • BRIGuna Umum

BRIGuna ini dapat diajukan oleh siapa saja karena bersifat umum.  Baik dari yang memiliki gaji hingga pensiun. Terdapat promo dilain waktu.

  • BRIGuna Pendidikan

Kredit KTA jenis ini dikhususkan bagi para S2 atau S3 yang sudah memiliki penghasilan tetap. Hanya saja plafond dibatasi tidak lebih dari 250juta. Angsuran pembayaran untuk S2 maksimal 6 tahun. Dan untuk S3 maksimal 10 tahun.

Jadi bagaimana?

KTA memang sangat memudahkan bagi yang tidak dapat memberikan jaminan kepada pihak bank. begitu juga dengan modal yang dapat digunakan untuk keperluan apa saja. Tapi ada baiknya sebelum mengajukan KTA perhatikan beberapa hal seperti jenis kredit yang disesuaikan dengan kebutuhan. Ada baiknya modal yang didapat digunakan untuk keperluan yang dapat menghasilkan keuntungan kembali. Atau kebutuhan yang memang sangat mendesak.

Penghasilan yang Anda punya pastikan berbanding lurus dengan kredit yang Anda ajukan, sehingga tidak terjadi ‘kemacetan’ dilain waktu. Apabila riwayat kredit Anda buruk, ini dapat menjadi penghambat saat pengajuan kredit ke bank-bank mana saja. Maka dari itu, usahakan riwayat kredit Anda lancar-lancar saja. Sekian tentang syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan dan beberapa ulasan yang berkaitan. Semoga dapat membantu. Sekian.