Syarat Kredit Tanpa Agunan BNI Syariah 2019

syarat kredit tanpa agunan bni syariah
syarat kredit tanpa agunan bni syariah

Melakukan kredit tanpa agunan (KTA)* menjadi salah satu dari sekian keputusan yang diambil oleh orang banyak. Alasannya tentu lebih mudah dan cepat mendapatkan dana. Meski begitu, tidak semua orang nyaman dengan sistem bank konvesional. Adanya Kredit tanpa agunan BNI Syariah menjadi solusi yang pas bagi Anda. Apalagi yang selalu menerapkan syariat-syariat Islam dalam kehidupan.

BNI berbasis syariah, diklaim memberikan pinjaman tanpa sistem bunga/riba. Karena dari segi aturannya menerapkan sistem syariat yang berlaku. Maka dari itu, BNI juga ikut andil dalam memberikan pelayanan berbasis syariah. Nah, salah satu pelayanan pinjamantanpa agunan BNI syariah (KTA) yang diberikan adalah Fleksi iB Hasanah.

Seputar Kredit Tanpa Agunan BNI Syariah; Fleksi iB Hasanah

Profil

BNI adalah salah satu lembaga perbankan di Indonesia. Merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BNI syariah merupakan salah satu anak perusahaan dari PT.BNI.

Bank BNI syariah ini memiliki tiga pilar yang menjadi prinsip dasar-dasarnya, yaitu adil, transparan dan mashlahat. Bank syariah ini memiliki 5 cabang di kota-kota besar; Yogyakarta, Malang, Pekalongan, Jepara dan Banjarmasin. Yang kemudian meluas ke berbagai daerah dengan total kantor cabang sebanyak 28. Dan 31 kantor cabang pembantu yang tersebar di seluruh negeri.

Produk KTA Fleksi iB Hasanah

BNi iB Hasanah merupakan salah satu tabungan dengan akad Mudharabah atau Wadiah. Yang memberikan fasilitaa serta kemudahan mata uang rupiah. Termasuk dalam pinjam-meminjam.

Dilengkapi dengan fasilitas buku tabungan, hasanah debet atau debet silver serta e-banking.

Fleksi iB Hasanah berlaku bagi karyawan yang sudah menerima gaji (Payroll). Anda dapat mengajukan pinjaman dengan plafon minimal Rp5.000.000 hingga batas maksimal Rp250.000.000.

Proses pencairan dana di BNI Syariah terbilang cepat. Dalam kurun waktu 7-14 hari Anda sudah dapat mengambil pinjaman yang diajukan. Bunga yang ditetapkan sebesar 10,5% sampai 12,5% per tahunnya, tergantung dengan jumlah plafon yang diajukan. Namun, Anda harus menyiapkan uang sejumlah Rp100.000 untuk biaya administrasi dan dikenakan biaya provinsi sebesar 1% dari pinjaman. Tenor maksimal diberikan hingga jangka waktu 5 tahun.

KTA banyak diajukan karena tidak mengharuskan debitur menyerahkan jaminan apapun. Meski begitu syarat wajib utamanya memiliki penghasilan tetap. Ini tentunya penting karena merupakan ‘jaminan lain’ bagi pihak bank untuk Anda. Karena dengan begitu pihak bank percaya bahwa Anda dapat melakukan angsuran setiap bulannya.

syarat kredit Tanpa Agunan BNI Syariah

Selain itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum Anda mengajukan kredit tanpa agunan BNI Syariah, apa saja?

  • Umur minimal 21 tahun atau maksimal 55 tahun
  • Tidak sedang memiliki riwayat kredit lain, kecuali konsumtif (tabungan biasa).
  • Penghasilan tetap dengan gaji minimal 3 juta rupiah dan pengalaman kerja 2 tahun.
  • Memiliki rekening tabungan BNI dengan kartu kredit (masa anggota minimal 1 tahun)
  • Fotokopi KTP (suami istri)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi surat nikah
  • Surat asli keterangan kerja dan slip gaji
  • Surat keterangan pengangkatan pegawai terakhir (asli) atau Taspen bagi pegawai negeri atau ijazah asli terakhir
  • Foto pemohon ukuran 4×6
  • Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir
  • NPWP pribadi/SPT PPh 21 (untuk plafon diatas Rp100 Juta)

Setelah mempersiapkan berkas-berkasnya, selanjutnya Anda hanya tinggal mendatangi kantor terdekat. Lakukan pengajuan permohonan KTA. Biasanya Anda akan dimintai menyerahkan persyaratan di atas dan mengisi form pengajuan. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang disarankan pihak bank.

Perhatikan Hal Berikut, Sebelum Memutuskan Melakukan Kredit

Meminjam uang ke bank apalagi dalam jumlah besar, tidak bisa dianggap remeh. Apalagi meminjam dengan persyaratan jaminan tertentu. Jika bermasalah, bisa-bisa jaminan Anda yang akan menjadi korbannya. Nah, untuk menghindari perkara diluar keinginan saat melakukan kredit. Ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut saat akan meminjam kredit tanpa agunan bni syariah. Apa saja?

  • Pinjamlah sesuai dengan kebutuhan. Jangan memaksa meminjam dalam jumlah besar jika tidak pasti untuk tujuan yang tepat, apalagi hanya berfoya-foya. Melakukan kredit memang sebaiknya untuk kebutuhan yang memang mengharuskan Anda melakukannya. Misalnya untuk modal membuka usaha, membeli rumah, biaya pengobatan, dan lain hal sebagainya. Meski memang pihak bank tidak akan mempersalahkan untuk apa dana kredit Anda gunakan. Tapi setidaknya menjadi debitur yang bijak bukan merupakan hal yang menyalahi aturan.
  • Pelajari seluk beluk pinjaman yang akan Anda gunakan. Tujuannya agar Anda paham sebelum mengajukan kredit. Misalnya ketahui tentang biaya-biaya, bunga, plafon dan aturan-aturan yang bersangkutan.
  • Perhitungkan berapa plafon yang akan dipinjam dan lamanya jangka waktu yang diambil.
  • Perhatikan suku bunga. Ini merupakan hal penting dari sistem kredit. Mengetahui bunga, Anda dapat memperhitungkan berapa biaya yang akan dikeluarkan.
  • Lakukan angsuran sesuai prosedur. Jika Anda bermasalah dalam melakukan angsuran, bisa-bisa jumlah dana yang dikembalikan justru melambung dari perkiraan.
  • Pendapatan harus selaras dengan pinjaman. Artinya, gaji yang Anda dapat harus bisa menutupi angsuran setiap bulannya. Tentunya tidak membuat Anda semakin kesusahan. Pihak bank biasanya menanyakan berapa gaji yang Anda dapat. Jika ternyata berbanding terbalik dengan plafon yang diajukan, tentu saja pihak bank akan menolak.
  •  Miliki riwayat kredit yang lancar. Beberapa kasus tertolaknya pengajuan pinjaman debitur, adalah memiliki riwayat kredit yang buruk. Apalagi dengan bank yang bersangkutan. Tentunya ini akan mengurangi kepercayaan pihak bank untuk memberikan Anda pinjaman. Kecuali jika riwayat kredit Anda baik dan lancar-lancar saja, bisa saja pihak bank akan memudahkan pengajuan.

Jika dirasa keterangan di atas dirasai kurang. Anda dapat mendatangi kantor terdekat dan lakukan konsultasi mengenai kredit yang Anda gunakan. Sampai di sini dulu penjelasan singkat mengenai kredit tanpa agunan BNI Syariah. Tetaplah bijak dalam mengajukan pinjaman. Semoga bermanfaat. Sekian.

Add a Comment