Syarat Gadai Atm di Koperasi AL Hikmah

Pinjaman jaminan atm gaji payroll
Pinjaman jaminan atm gaji payroll

Apakah bisa gadai ATM di Koperasi? Gimana ceritanya? Ikuti penjelasannya disini ya guys. Pertama, mungkin pahami dulu apa itu kartu atm kok bisa sih bisa dijadikan jaminan untuk pinjam uang? Kartu ATM adalah jenis kartu yang yang digunakan penarikan tunai atau pemindahan dana (transfer) lewat Mesin ATM ( Ajungan Tunai Mandiri ). Kartu atm biasa didapatkan bersamaan dengan pembukaan rekening tabungan di berbagai perbankan sebagai fasilitas pembayaran.

Penggunaan kartu atm mengalami perkembangan. Sekarang ATM bisa digunakan untuk pembayaran non tunai lewat EDC Electrionic Data Capture . ATM yang bisa digunakan untuk belanja lewat di EDC bisa disebut dengan kartu debit. namun berbeda dengan kartu kredit. Debit hanya untuk pembayaran non tunai, bukan tarik tunai. Selain itu, rumornya, kartu atm gaji atau yang biasa digunakan penyaluran gaji bisa dijaminkan. Benarkah demikian?

Menguak Gadai ATM di koperasi

Berdasarkan informasi yang penulis dapat dari salah satu jurnal dengan judul “Praktek kartu ATM sebagai tambahan jaminan pembiayaan di KSPPS BMT Al-Hikmah Cabang Karangjati Ungaran“, Kartu ATM bisa dijadikan jaminan. Dalam prakteknya, kartu atm bisa dijadikan jaminan tambahan, apabila jaminan jaminan pertama kurang kuat. Efek penambahan jaminan berupa atm gaji atau payroll akan menambahkan plafon semakin tinggi. Begitulah isi dari jurnal tersebut.

Jadi tidak bisa dijaminkan utuh hanya kartu atm gaji saja, hanya sebagai penambahan dengan tujuan menaikan limit plafon pinjaman. Informasi tersbut juga hanya berlaku itu koperasi Al Hikmah. Belum tentu berlaku di perbankan atau lembaga keuangan non bank.

Namun jika ditelusuri ada juga pinjaman jaminan tersebut, namun hampir sama sebagai jaminan tambahan. Di perbankan ada pinjaman jaminan deposito, giro dan tabungan. Dengan menjaminkan tabungan atau deposito secara otomatis kartu atm juga dijadikan jaminan. Mungkin lebih jelasnya bisa baca : Pinjaman BNI Jaminan deposito

Jika sebagai jaminan tambahan, apa saja syaratnya?

Kartu atm yang bisa dijadikan jaminan tambahan adalah atm yang digunakan untuk pelayanan gaji karyawan yang bekerjsama dengan perusahaan perusahan tertentu. Bagi koperasi, atm dijadikan alasan untuk mengantisipasi pembiayaan nasabah yang bermasalah.Bagi nasabah untuk menambah limit pinjaman. Lalu apa saja syarat gadai atm di koperasi al hikmah?

  • Calon nasabah bersedia menjadi anggota KSPPS BMT Al-Hikmah
  • Memiliki usaha produktif dan prospektif yang telah berjalan 1 tahun
  • Bersedia di survey apabila diperlukan

Persyaratan administrasi :

  • Fotokopi KTP,KK dan surat nikah
  • Jaminan : BPKB/sertifikat tanah, kios/los pasar
  • Slip gaji 3 bulan terakhir

Prosedur Gadai ATM di Koperasi Al HIkmah

Tidak beda jauh dengan proses gadai atm atau pinjaman jaminan atm payroll di koperasi Al Hikmah dengan lainnya. Setelah mengisi formulir pengajuan dan melengkap persyaratan. Pihak marketing koperasi melakukan survei ke calon nasabah yang meliputi kepribadian dan kemampuan finansial. Jika layak maka proses akan lanjut ke akad kedua belah pihak antara koperasi dan calon nasabah. Akad selesai, selanjutnya adalah pencairan dana sesuai persetujuan. Begitulah gambarannya, semoga beruntung.

Add a Comment