Pinjaman Untuk Honorer di Bank

Apakah ada pinjaman untuk honorer? sedangkan posisi pegawai atau guru honoror non PNS penghasilannya jauh dari kata layak? Kata siapa? jangan berburuk sangka, sebab ada beberapa tenaga honorer yang gajinya besar lho dibidang tertentu. Hanya saja sebagian besar memang jauh dibandingkan yang sudah PNS, semisal pegawai pemerintah dan guru honorer. Namun bebeperapa bank tetap menyediakan pinjaman tanpa agunan atau KTA honorer sesuai dengan kemampuan finansialnya.

Sudah menjadi masalah klasik sejak dulu, kalau upah honorer tidak sebanding dengan kerjanya jika dibandingkan dengan yang sudah PNS. Namun belum solusi efektif yang untuk menyelesaikan masalah ini. Mungkin sistem pemerintahan dulu masih merekrut PNS dengan jalur pengabdian di sekolah atau instansi. Namun sekarang berbeda, sekarang apa apa harus pakai tes. Jadi yang ingin menjadi PNS ikutilah tes CPNS dulu sampai lolos ya. Semangat.

Beberapa Bank yang menyedikan Pinjaman untuk honorer

Sudah sangat wajar, kalau honorer penghasilan kurang layak, dan belum tentu mencukup kebutuhan sehari hari. Namun karena status mereka tdaik diperhitungkan oleh perbankan nasional. Itu sangat rasional. namun ada beberapa bank yang menyediakan pinjaman untuk honorer, baik pegawai maupun guru honorer, meliputi:

Pinjaman untuk honorer
Pinjaman untuk honorer

Pinjaman Bank Jatim untuk honorer

Bagi yang anda tinggal di wilayah provinsi jawa timur, khususnya yang berlatarbelakang sebagai tenagar honorer. Sekarang sudah bisa mengakses pinjaman di bank Jatim dan bank bank daerah, BPR di kota jawa timur. Anda bisa mengajukan sesuai keinginan baik dengan jaminan dan maupun jaminan dengan jangka maksimal 15 tahun. Pinjaman bisa digunakan untuk apa saja, sebab termasuk kredit multiguna. Syarat dan ketentuan :

  1. Surat Rekomendasi dari Kepala Dinas / Instansi dimana anda bekerja
  2. Fotocopy KTP, NIP, Karpeg Masing-masing 2 (dua) lembar
  3. Pas Photo berwarna 2 lembar
  4. SK Pegawai pertama dan terakhir
  5. Slip gaji atau surat keterangan gaji dari bendahara dinas
  6. Surat Kuasa untuk menyalurkan gaji (dari pemohon kepada Bank)
  7. Surat pernyataan dari bendaharawan untuk memotong gaji sebagai angsuran pinjaman dan diketahui oleh Kepala Dinas.

Info selengkapnya mengenai syarat pinjaman untuk honorer yang mungkin dibutuhkan lainnya, anda bisa menghubungi nomor 14044 atau datang lansgung ke kantor bank jatim terdekat.

Pinjaman Bank DKI untuk Honorer

Di Bank DKI juga menyediakan pinjaman untuk honorer khusus untuk pegawai pemerintah daerah DKI. nasabah dapat mengajukan pinjaman multiguna ini untuk berbagai keperluan mulai dari pembelian kendaraan, renovasi rumah dan keperluan konsumtif lainnya. Besaran palfon sesuai porsi gaji atua kemampuan finansial nasabah. syarat untuk mengajukan pinjaman bank DKI untuk honorer adalah

  • Fotokoi KTP, Kartu keluarga dan surat nikah (Yang jomblo ga usah, wkwk)
  • Fotokopi rekening tabungan DKI selama 3 bulan terakhir
  • NPWP jika mengajukan lebih dari 50 juta
  • Surat keterangan gaji/slip gaji

Silakan datang ke kantor DKI atau untuk mengetahui info pinjaman lebih lengkap bisa menghubungi di nomor (021) 80655555 

Pinjaman untuk Honorer di Bank Kalteng

Untuk wilayah kalimantang tengah, yang katanya direncanakan jadi ibu kota baru di Indonesia juga bisa mendapatkan akses pinjaman untuk tenaga dan guru honorer. Pegawai honorer bisa mendapatkan plafon pinjaman 50% perbulan dari penghasilan dengan jangka 12 bulan atau 1 tahun dari Bank kalteng. Artinya jika pendapatanmu 1,5 juta, maka anda mendapatkan 750rb perbulan selama 12 tahun. Jadi 9 juta. Jumlah itu lumayan untuk keperluan sehari hari, biaya pendidikan, renovasi rumah dll.

Syarat :

  • Fotokopi identitas diri seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, Akta Nikah/Cerai, KTP Suami/Isteri dan pas photo 2 lembar (3×4)
  • Asli SK pengangkatan terakhir bagi pegawai honorer dan SK Pengangkatan 2 (dua) tahun sebelumnya
  • Slip gaji dan copy rekening buku tabungan.
  • surat kuasa pemotongan gaji disetujui oleh bendaharawan gaji dan diketahui oleh atasan.
  • Surat pernyataan bendahara untuk melakukan pemotongan gaji.
  • Diketahui atau atas persetujuan pasangan

Ketentuan lain :

  • Kredit ini bisa take over dari bank lainnya
  • Minimal usia 21 tahun sampai masa pensiuan saat kredit berakhir
  • Tidak termasuk dalam daftar hitam bi checking
  • Tidak sedang mengangsur kredit lainnya

Itulah beberapa bank daerah yang menyediakan pinjaman untuk honorer bagi guru, tenaga tau pegawai honorer di instansi pemerintahan. Walau tidak bisa mendapatkan plafon besar, namun sudah bersyukur masih diberi akses pinjaman. Bagi yang kontrak dan swasta, anda bisa mengajukan : Pinjaman bank untuk karyawan kontrak

Add a Comment