Pinjaman Koperasi Sejahtera Bersama 2019 Jaminan Sertifikat rumah

Kebutuhan hidup, tidak pernah ada putusnya. Kini, seiring perkembangan zaman, banyak penyedia jasa layanan terkait simpan pinjam. Anda dapat mendapatkan pinjaman melalui bank hingga dari koperasi. Salah satunya dengan mengajukan pinjaman Koperasi Sejahtera Bersama. KSP ini menyediakan beberapa pinjaman tanpa agunan maupun dengan jaminan bpkb, sertifikat rumah, ajb dll.

Apa itu Koperasi Sejahtera Bersama?

Pinjaman koperasi sejahtera bersama
Pinjaman koperasi sejahtera bersama

Adalah koperasi yang bergerak dalam usaha simpan pinjam. Dan pada saat ini telah memiliki kantor cabang yang tersebar di pulau Jawa.Selain bank, kini Anda pun dapat melakukan pinjaman di sebuah koperasi. Pada awal mula, hanya anggota yang dapat melakukan pinjaman. Tapi seiring waktu, non-anggota pun dapat mengajukan pinjaman. Tentunya dengan memenuhi beberapa persyaratan tertentu.

Ada beberapa faktor, yang membuat kebanyakan orang memilih meminjam ke koperasi ketimbang harus ke bank. Seperti beban bunga yang lebih rendah ketimbang lembaga keuangan lain.Selain itu, saat melakukan angsuran dapat disesuaikan dengan kemampuan. Tentunya dengan waktu yang disiplin. Plafon yang disediakan juga terbilang besar.

Adapun produk yang disediakan Koperasi Sejahtera Bersama;
  • Tabungan Koin Sejahtera
  • Simpanan Jangka Lima Tahun Prima
  • Tabungan Pendidikan Sejahtera Bersama
  • Dan lainnya.

Jenis Pinjaman Koperasi Bersama yang Dapat Anda Coba

Jika Anda ingin melakukan pinjaman. Ada beberapa jenis pinjaman Koperasi Sejahtera Bersama yang dapat Anda coba.

Pinjaman Komersial

Kredit yang satu ini ditujukan kepada para pengusaha, pedagang atau pegawai yang sudah memiliki penghasilan tetap. Proses pencairannya terbilang cepat. Maksimal 3 hari setelah penyerahan persyaratan.

Beberapa dokumen atau syarat yang harus dipersiapkan, di antaranya: menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk, Fotokopi SBKRI dan ganti nama untuk WNI keturunan, Fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi akta nikah atau cerai, photo, rekening listrik (bagi pengusaha), Fotokopi rekening koran, Surat Keterangan Usaha, NPWP, neraca rugi/laba 2 tahun terakhir.

Selain persyaratan di atas, Anda juga diharuskan untuk menyediakan jaminan. Bisa berupa sertifikat rumah, apartemen, tanah, BPKB, SHM, SHGB.

Plafon di pinjaman komersial tersedia dari Rp500.000 hingga Rp25.000.000. bunga sebesar 1,9% per bulan (flat). Untuk ulang jasa sebesar 1,85%. Tenor berlangsung 12-36 bulan.

Pinjaman Ekpress

Disebut demikian, pasalnya pinjaman ini diklaim prosesnya yang cepat.

Beberapa syarat yang harus Anda persiapkan: fotokopi Kartu Tanda Penduduk, fotokopi SBKRI, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi akta nikah atau cerai (bila sudah bercerai), photo, rekening listrik, slip gaji (bagi pegawai), fotokopi rekening koran dan tabungan, Surat Keterangan Usaha (SKU), fotokopi akta pendidikan, SIUP, fotokopi NPWP, Neraca laba/rugi 2 tahun terakhir.

Plafon mulai dari Rp500.000 hingga Rp100.000.000. dengan biaya jasa 4%.

Jaminan yang bisa Anda gunakan adalah kendaraan, maksimal 5 tahun dari masa pembuatan hingga akhir masa pinjaman untuk kendaraan Motor. Dan 15 tahun jangka waktunya untuk kendaraan mobil. Berkas yang diserahkan berupa BPKB asli, fotokopi asli faktur, fotokopi STNK (masa aktif), kuitansi kosong 3 lembar serta fotokopi KTP pemilik.

syarat pinjaman express

Selanjutnya Anda hanya tinggal memilih sesuai dengan keperluan. Namun, sebelum meminjam, ada syarat umum yang harus Anda penuhi dulu, meskipun merupakan non-anggota, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia
  • Saat mendaftar, Anda akan menjadi anggota koperasi. Dengan berstatus keanggotaan bersifat individual
  • Membayar simpanan pokok dan wajib
  • Menyetujui ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Adapun tipe bunga yang berlaku di Koperasi Sejahtera Bersama:

  • Flat: Merupakan bunga dengan pembayaran yang sama setiap bulannya. Biasanya diterapkan untuk pinjaman dengan jangka waktu pendek.
  • Menurun: Bunga yang dibebankan selaras dengan pinjaman. Semakin kecil pinjamannya, semakin kecil pula bunga yang dibebankan. Begitu pula sebaliknya.
  • Menurun Efektif: Bunga dihitung dari saldo akhir setiap bulan.

Baca juga : Pinjaman koperasi online tanpa agunan

Perhatikan Hal Berikut, sebelum Anda Meminjam Uang

Tidak dipungkiri, meminjam uang sangat bisa dilakukan siapa saja. Namun, untuk skala yang lebih serius, ada kalanya Bank atau Koperasi adalah solusi yang cepat.Anda dapat meminjam sesuai dengan yang dibutuhkan. Namun, sebelum meminjam ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut. Sehingga kemungkinan kerugian dapat diminimalisir. Apa saja?

  • Tentukan dahulu untuk apa Anda meminjam. Sebaiknya pinjaman digunakan untuk kebutuhan mendesak. Seperti biaya rumah sakit, membeli rumah, membangun sebuah usaha dan sejenisnya.
  • Pastikan Anda memiliki “jaminan” setiap bulan. Setidaknya Anda dapat menjamin agar dapat melakukan pengembalian dana setiap bulannya. Karena pihak Bank pun hanya akan memberikan pinjaman bagi mereka yang dapat menjamin pengembalian tiap waktu.
  • Usahakan memiliki riwayat kredit lancar. Ini menjadi poin lebih ketika Anda akan melakukan pengajuan. Apabila riwayat kredit Anda cacat, maka tidak mungkin bank membatalkan pengajuan Anda.

Gimana?

Meminjam baik melalui koperasi atau bank, tentunya harus dengan perencanaan yang matang. Tidak ada salahnya juga, Anda mengetahui dulu seluk beluk tentang kredit dan lain-lain. Sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang tepat dan tidak terburu-buru.

Apabila Anda masih bingung dengan cara pengajuan langsung. Anda dapat melakukan konsultasi atau melakukan pengajuan melalui online. Caranya silakan langsung kunjungi website resmi Koperasi Sejahtera Bersama.Sekian penjelasan mengenai pinjaman Koperasi Bank Sejetera Bersama. Tetaplah bijak dalam mengelola uang.Semoga bermanfaat. Sekian.

Add a Comment