10 Jenis Pinjaman BRI Beserta Syarat dan Tabel Angsuran

Jenis Pinjaman BRI Beserta Syarat dan Tabel Angsuran
Jenis Pinjaman BRI Beserta Syarat dan Tabel Angsuran

Apakah kalian pernah kepeped engga punya duit, kemudian mengajukan Pinjaman BRI ? Apa jenis produk pinjaman bank bri yang kalian ajukan? Pinjaman tanpa agunan BRI atau jaminan sertifikat rumah, bpkb atau lainnya? Yang pasti, sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki banyak cabang, BRI memiliki banyak produk pinjaman. Masyarakat boleh pinjam uang di bank BRI kapan pun dengan plafon dan tenor sesuai keinginan. Bagi yang belum mengenal produk produknya, calon nasabah bisa ulasan artikel mengenai jenis, syarat serta tabel angsuran BRI terbaru disini.

BRI menyediakan produk pinjaman sesuai dengan kebutuhan masyarakat sesuai dengan segmentasi penggunaan atau latarbelakang nasabah. Namun secara umum, pinjaman BRI terbagi menjadi dua, yakni jenis individu atau personal dan Bisnis. Jenis individu merupakan jenis jenis pinjaman bank bri yang diperuntukan untuk kebutuhan konsumtif perorangan, seperti pinjaman untuk renovasi rumah, kredit kendaraan motor, beli rumah, pendidikan, pengobatan dan lain lain. Sedang bisnis, adalah pinjaman untuk kegiatan produktif, seperti pinjaman BRI untuk modal usaha dan Investasi.

Jenis Produk Pinjaman BRI

Ada beberapa produk pinjaman bri yang bisa masyarakat ajukan sesuai kebutuhan. Untuk kelompok pinjaman individu BRI meliputi Kredit Kepemilikan Rumah ( KPR BRI), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB BRI) dan Kredit Tanpa Agunan KTA BRI atau lebih dikenal dengan BRIGUNA. Pinjaman bisnis terdapat dua kelompok lagi berdasarkan skala usaha, yakni pinjaman untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang meliputi Kredit Usaha Rakyat KUR BRI, Kupedes BRI, Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi dan kredit progam. Untuk korporat yang besarannya lebih besar UMKM

Kredit Kepemilikan Rumah ( KPR BRI)

KPR BRI merupakan kredit yang diberikan kepada nasabah yang ingin memiliki hunian sendiri secara kredit. Hunian bisa berupa Rumah siap huni, apartemen, condotel, ruko atau rumah kantor (Rukan). BRI menerima untuk pembelian kredit dalam keadaan baru, bekas maupun dengan menggunakan layanan refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over dari bank lain. Ada dua jenis KPR BRI reguler dan KPR Subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Syarat mengajukan KPR BRI :

  • Tenor KPR BRI hingga 20 tahun.
  • DP atau uang muka minimal 10 persen.
  • Memiliki rekening tabungan BRI. ( Jika belum, anda bisa membuka tabungan bri bersamaan pengajuan. Misal Tabungan BRITAMA)
  • Berusia 21 tahun atau sudah menikah dengan minimal 18 tahun.
  • Dokumen persyaratan : fotocopy KTP, KK, NPWP, pas foto suami/istri terbaru, slip gaji.

Kredit Kendaran Bermotor, KKB BRI

Kredit kendaraan bermotor adalah pembelian kendaraan motor atau mobil baik bekas maupun dalam keadaan baru. KKB BRI juga menyediakan motor unik atau premium bagi yang nilainya besar, dibandingkan motor komersial biasa. Bagi yang sedang butuh duit mendadak, juga bisa mengajukan pinjaman BRI jaminan BPKB motor untuk mendapatkan dana melalui KKB refinancing. Syarat KKB BRI :

  • Uang muka minimal 25 % dari harga kendaraan
  • Tenor 4 tahun untuk kendaran bekas dan baru 6 tahun
  • Memiliki salah satu produk Tabungan BRI Simpedes/BRITAMA
  • Syarat dokument : Fotokopi KTP, Kartu keluarga, Pas foto
  • Syarat refinancing atau gadai BPKB : BPKB asili, stnk dan faktur pembelian dan KTP

Kredit Tanpa Agunan, KTA BRI

KTA BRI merupakan Pinjaman BRI tanpa agunan untuk nasabah dengan sumber pengembalian dari gaji tetap per bulan. KTA BRI atau BRIGUNA termasuk pinjaman bank BRI multiguna, artinya dana yang kalian dapatkan bisa digunakan apa saja. Bisa untuk produktif maupun konsumtif. Anda bisa mengajukan dana tak terbatas sesuai dengan kemampuan finansial masing masing nasabah. Begitu dengan tenornya.

Ada tiga jenis KTA BRIGUNA,

  • BRIGuna Karya, yaitu produk pinjaman bri UNTUK karyawan yang memiliki penghasilan tetap perbulan.
  • BRIGuna Purna, produk pinjaman bri untuk pensiunan
  • BRIGuna Umum merupakan pinjaman bank BRI kepada nasabah penghasilannya melalui payroll BRI.

Syarat KTA BRI :

  • Identitas Diri : Fotokopi KTP, NPWP, Kartu Keluarga. 
  • Asli SK Pensiun, Daftar Pembayaran Pensiun (Dapem), Kartu Registrasi Induk Pensiun (KARIP), Buku Pensiun (BRIGUNA PURNA)
  • Asli SK Pengangkatan Pertama dan SK Terakhir (BRIGUNA UMUM/KARYA)
  • Fotocopy Buku Tabungan BRI, Pas Photo Suami/ Istri (bagi yang sudah menikah)

Selengkapnya mengenai : KTA BRIGUNA

Itulah beberapa jenis Pinjaman BRI yang termasuk dalam kategori pinjaman individu BRI.

Kredit Usaha Rakyat, KUR BRI

KUR BRI merupakan produk pinjaman bri yang bekerjasama dengan pemerintah. KUR diberikan kepada UMKM K yang feasible (layak) namun belum bankable (tidak memenuhi syart pinjam bank). Kriteria feasible maksudnya adalah potensi keuntungan dari usaha yang dijalankan bisa berkembang kalau di suntik dana dri KUR. Meski belum bankable, misal tidak punya surat ijin usaha kecil. Kriteria lain adalah usaha telah berjalan minimal 6 bulan, tidak sedang dalam keadaan pembiyaan modal lain.

Penyaluran dana KUR BRI pda kuartal pertama 2019 mencapai Rp 20 triliun. Mennurut Executive Vice President Bisnis Kecil dan Kemitraan BRI Hari Purnomo mengatakan nilai tersebut mencakup seluruh sektor. Terutama sektor pertanian, peternakan, perikanan dan perdagangan kecil. Dana tersebut terbagi dalam bentuk penyaluran, yakni :

  • KUR Ritel : Pinjaman BRI untuk modal usaha bagi pelalu UMKM dari Rp 25 juta-Rp 500 juta dengan tenor maksimal 4 tahun
  • KUR Mikro, pinjaman bank BRI kepada debitur sebesar Rp 25 juta tanpa jaminan dengan tenor 3 tahun
  • KUR TKI, Pinjaman BRI KUR untuk modal usaha bagi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) hingga ke negara penempatan dengan plafon mencapai Rp 25 juta tenor 3 tahun

NOTE : Suku Bunga BRI terbaru adalah 7 % per tahun, atau efektif 0,33 perbulan. Berlaku sejak 2017 lalu

Ketentuan KUR

  • Calon nasabah memiliki usaha produktif yang telah berjalan minimal 6 bulan pada usaha sama, bukan kumulatif.
  • Tidak dalam menikmati pembiayaan modal kerja atau usaha di perbankan lain. Hal ini agar tidak membebani angsuran perbulan. Namun diperbolehkan jika kredit konsumtif seperti kredit KPR, KKB atau kartu kredit

Syarat KUR

  • Dokumen pribadi : Fotokopi KTP dan KK (Kartu Keluarga)
  • Surat ijin usaha kecil dari pemda/kelurahan setempat
  • Khusus TKI hanya diperbolehkan untuk tujuan beberapa negara saja meliputi singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia. Dengan dokumen tambahan seperti perjanjian penggunaan jasa, penempatan, Visa dan passport.

KUPEDES BRI

Pinjaman BRI untuk modal usaha selanjutnya adalah KUPEDES BRI. Kalau sebelumnya KUR adalah progam pembiayaan pemerintah. Kupedes adalah produk pembiayaan murni dari BRI untuk UMKM. Kupedes sektornya lebih luas menjangkau masyakarat yang memiliki usaha. Kalian bisa mengajukan pinjaman mulai dari 1 juta, 5, 10 , 50, 100 sampai 200 juta lewat Kupedes BRI. Hanya saja, anda perlu melampirkan jaminan, bisa berupa sertifikat tanah, rumah, BPKB dan lainnya. Jika tidak bersertifikat, misal dalam bentuk ajb, girik, surat tanah, petok d masih bisa sesuai syarat dan ketentuan selanjutnya.

Syarat Kupedes :

  • Surat ijin usaha (surat keterangan usaha dari Kepala Desa / Lurah / Pasar).
  • Identitas Diri : KTP / SIM, KK
  • usaha telah berjalan minimal 1 tahun.

Baca selengkapnya mengenai : Tabel Angsuran kupedes BRI

Kredit Progam BRI

  • Kredit Pangan : Kredit investasi dan/atau modal kerja komersial khusus di bidang pangan yang diberikan dalam rangka mendukung kedaulatan pangan dan kemaritiman. Plafon 500 juta dengan jangka waktu pinjaman maksimal 1 tahun. Tidak ada biaya provisi dan administrasi.
  • Kredit Resi gudang : Pinjaman bri jaminan Resi Gudang yang diberikan Bank kepada Petani, Kelompok Tani, Gapoktan dan Koperasi. Dengan jangka waktu maksimum 6 tahun. Syarat : Legalitas kelompok, daftar anggota aktif

Kredit BRI Untuk Korporat

Pinjaman BRI terakhir adalah pinjaman untuk korporat yang nilainya besar dibandingkan pinjaman bank bri sebelumnya. Bisa dibilang pinjaman 1 milyar ke atas untuk perusahaan yang sudah berbadan hukum. Pinjaman BRI meliputi Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, Kredit Agunan KAS dan kredit waralaba. Biasanya jenis pinjaman ini dicari untuk orang orang tertentu, jadi akan dibahas dalam artikel lain.

Silakan pilih pilih salaha satu pinjaman bri yang sesuai kebutuhan nasabah masing masing. Namun kalian juga perlu pertimbangan, terutama bunga dan plafonnya sebagai berikut :

Perbandingan Suku Bunga Pinjaman BRI terbaru

Jenis PinjamanBungaPlafon
KPR BRI 9.98% sesuai kebutuhan
KKB BRI 12.50%sesuai kebutuhan
KUR Mikro7 %25 juta
KUR RITEL 7 % 25 juta – 200 juta
KUR TKI 7 % 25 juta
KUPEDES 9.95%200 juta
KTA BRI (BRIGUNA) 12.50% sesuai kemampuan

Dari daftar tersebut, KUR adalah pinjaman paling mendapatkan bunga rendah, Hal ini wajar karena ini progam pembiayaan modal usaha dari pemerintah Untuk UMKM. Pilih salah satu sesuai latarbelakang dan tujuan pembiayaan anda, kemudian datangi kantor BRI terdekat sesuai domisili. Bawa semua syarat dokumen sesuai masing masing jenis Pinjaman BRI yang anda pilih.