Pinjaman Bank BJB Jaminan Sertifikat Rumah 2019

syarat dan cara mengajukan pinjaman bank bjb pinjaman jaminan sertifikat rumah, surat tanah, ajb, girik, leter c dan surat penting lainnya (BPKB)
pinjaman bjb pinjaman jaminan sertifikat rumah, surat tanah, ajb, girik, leter c dan surat penting lainnya (BPKB)

Bank BJB merupakan sebuah bank yang sudah familiar di telinga masyarakat. Banyak sekali produk yang diberikan oleh bank BJB, termasuk kredit multiguna dan kredit usaha mikro. Kedua kredit tersebut merupakan sebuah pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah yang bisa Anda dapatkan dengan persyaratan yang cukup mudah. Apa saja persyaratan yang harus di persiapkan jika ingin mengajukan pinjaman ke salah satu kredit tersebut? Berikut penjelasannya.

Kredit Usaha Mikro

Pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah yang pertama adalah Anda bisa mendapatkan pinjaman melalui kredit usaha mikro. Pinjaman ini bisa Anda peroleh dengan plafon sampai dengan Rp. 500.000.000. Pinjaman ini cocok digunakan oleh para wiraswasta terutama di bidang sektor usaha kecil menengah atau UMKM yang berada di area kerja bank BJB.

Untuk bisa mendapatkan pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah, Anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Hal tersebut sangat penting untuk Anda perhatikan agar pinjaman yang Anda ajukan bisa diterima oleh pihak bank BJB.

syarat kredit usaha mikro jaminan surat rumah

Persyaratan untuk pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah antara lain, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen seperti fotocopy E-KTP suami dan istri, fotocopy kartu keluarga serta surat nikah, forocopy rekening listrik selama 3 bulan terakhir, foto diri dengan ukuran 4×6 masing-masing foto suami dan istri, melampirkan SIUP atau SKU yang dikeluarkan oleh pejabat pemerintah serta jaminan berupa SHM, SHGB, PBB atau AJB.

Setelah semua dokumen tersebut dipersiapkan, selanjutnya Anda tinggal mengajukan pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah tersebut ke cabang bank BJB terdekat di kota Anda. Kelengkapan dokumen menjadi tolak ukur apakah pengajuan pinjaman Anda bisa diterima atau tidak. Selain itu, Anda juga perlu mengisi formulir pengajuan pinjaman kredit usaha mikro dengan lengkap dan benar agar proses pengajuan dan persetujuan kredit bisa dilakukan dengan cepat sesuai estimasi yang tersedia.

Kredit Multiguna

Sebenarnya, mengajukan pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah melalui kredit multiguna bisa memberikan Anda bunga yang lebih rendah daripada kredit lainnya. Namun, persyaratan yang dipersiapkan tergolong sangat banyak dan prosesnya yang lumayan rumit. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat mengajukan pinjaman melalui kredit multiguna. Jika Anda mampu mengumpulkan persyaratan dokumen dengan lengkap, maka Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan cukup besar melalui kredit ini.

syarat kredit multiguna

Agar Anda bisa mengajukan pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah ini, Anda harus menyiapkan beberapa persyaratan dokumen seperti, Jika yang mengajukan adalah sebuah badan usaha, maka Anda harus menyerahkan fotocopy akta pendirian badan usaha tersebut akta perubahannya. Lampirkan juga fotocopy KTP pengurus dan pemegang saham. Namun, jika yang mengajukan adalah perseorangan, maka cukup lampirkan fotocopy KTP suami dan istri, kartu keluarga, akta nikah, NPWP, SIUP, TTD, SKU, fotokopi buku tabungan atau rekening tiga bulan terakhir, fotocopy sertifikat jaminan serta PBB dan IMB.

Jenis jaminan

Perlu Anda ketahui bahwa dalam pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah memiliki tiga jenis sertifikat rumah yang bisa Anda jaminkan. Sertifikat rumah tersebut diantaranya Sertifikat Hak Milik atau SHM, Sertifikat Hak Guna Bangunan atau SHGB, serta Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun atau SHMSRS. Dari ketiga jenis sertifikat diatas, SHM lebih mudah untuk diterima oleh pihak bank karena dinilai memiliki status paling aman dan tidak beresiko apapun.

Ketika Anda akan mengajukan pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah, Anda akan dikenakan beberapa biaya yang harus Anda keluarkan. Seperti, bunga dengan sistem flat, biaya provinsi mulai dari 3% dari pokok pinjaman, biaya administrasi sebesar 0,1% dari jumlah pokok biaya pinjaman, serta biaya appraisal mulai dari Rp. 1.000.000 sampai dengan Rp. 5.000.000. Pembiayaan tersebut wajib Anda lakukan demi kelancaran pinjaman yang Anda lakukan.

Jika persyaratan pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah tersebut tela terkumpul semua, maka Anda harus menyerahkan semua persyaratan tersebut beserta formulir pengajuan yang telah Anda isi. Selanjutnya, pihak bank akan melakukan proses appraisal yang bertujuan untuk menilai aset yang telah Anda jadikan sebagai barang jaminan. Untuk melakukan hal tersebut, bank akan menunjuk salah satu jasa appraisal untuk melakukan survey ke tempat nasabah yang mengajukan pinjaman tersebut.

Besaran Plafon yang disetujui

Setelah proses survey berjalan lancar, bank akan berlanjut ke tahap berikutnya yaitu menilai aset yang Anda miliki untuk menentukan berapa besar nilai pinjaman yang akan dicairkan. Dalam hal ini, pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah memiliki beberapa kriteria dalam menilai aset tersebut, diantaranya seperti :

Penilaian aset dari pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah bisa dilihat dari spesifikasi bangunan, kelengkapan dokumen dan harga pasaran yang sedang berlangsung. Dari segi fisik bangunan, maka yang akan dilihat meliputi luas tanah bangunan, jenis lantai, material bangunan, umur bangunan, lokasi rumah pembanding dan masih banyak lagi. Dilihat dari kelengkapan dokumen, persyaratan Anda akan dilihat dan diperiksa yang mana harus dilampirkannya PBB dan IMB. Kedua hal tersebut merupakan persyaratan penting yang harus ada di dalam dokumen. Sementara untuk harga pasaran, biasanya dipengaruhi juga oleh lokasi rumah tersebut. Semakin strategis lokasi rumah, maka semakin tinggi pula harga rumah tersebut.

keunggulan Pinjaman Bank BJB Jaminan sertifikat rumah

Kredit multiguna dari pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah juga memiliki kelebihan yang bisa Anda rasakan. Beberapa kelebihan dari kredit ini adalah memiliki bunga yang relatif rendah. Sehingga tidak akan menjadi beban bagi nasabah dalam melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya. Bank juga sangat memperhatikan keselamatan nasabahnya. Sehingga pihak bank BJB ini memberikan layanan asuransi jiwa untuk setiap nasabah yang melakukan transaksi disini.

Kelebihan dari pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah lainnya adalah memiliki batas tenor waktu pinjaman selama 60 bulan. Hal tersebut disesuaikan dengan jumlah nominal yang Anda pinjam tersebut. Dalam prakteknya, bank melakukan prosedur appraisal atau penilaian terhadap nilai aset yang menjadi jaminan. Oleh karena itu, sebagai konsekuensinya prosedur pencairan uang akan cukup memakan waktu yang lumayan lama. Biasanya dari mulai proses hingga pencairan dana akan memakan waktu 7 hingga 14 hari di jam kerja.

Keunggulan Pinjaman BRI Jaminana sertifikat rumah

Pinjaman Bank BJB Jaminan Sertifikat Rumah yang Harus Anda Ketahui

Dari penjelasan diatas, Anda dapat mengetahui informasi seputar pinjaman bank BJB jaminan sertifikat rumah. Jika Anda tertarik untuk mengajukan pinjaman ini, Anda bisa mulai mempersiapkan persyaratan yang sudah disebutkan dengan lengkap. Kemudian, jika dokumen persyaratan tersebut telah Anda kumpulkan semua, segera datangi kantor bank BJB terdekat dan mulai melakukan pengajuan. Sudah dipastikan jika Anda mengikuti setiap peraturan dan ketentuan yang berlaku, maka pinjaman yang Anda ajukan pasti akan diterima dan di proses dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.