Cara Kredit Pom Mini Untuk Mulai Usaha

Cara Kredit Pom Mini Untuk Mulai Usaha

Manusia cenderung menyenangi suatu hal yang praktis. Tetapi tidak dalam menjalankan usaha. Harus ada ketelitian dan keuletan. Salah satu usaha yang banyak digandrungi adalah Pom Mini. Jika terlalu berat untuk membeli cash. Hari ini, banyak penyedia jasa kredit pom mini.

 Mengapa harus kredit pom mini?

Banyak masyarakat yang beralih untuk mengisi bensin melalui pom daripada membeli dalam kemasan botol biasa. Keakuratan takaran menjadi salah satu alasan banyak orang. Selain itu, hampir setiap orang memiliki kendaraan. Dan pastinya tidak akan lepas dari yang namanya bahan bakar.

Namun, menjalankan usaha pom minijuga tidak dapat sembarangan. Setidaknya Anda barus memiliki budget yang tidak sedikit. Tapi Anda tidak perlu khawatir, adanya kredit pom mini, memungkinkan Anda untuk menjalankan usaha yang menggiurkan ini.\

TIPS Memulai usaha

Nah, sebelum memulai usaha pom mini. Ada baiknya Anda perhatikan dulu beberapa hal berikut:

Tentukan lokasi

Lokasi tentunya akan berpengaruh pada usaha yang Anda jalankan. Karena berhubungan dengan kendaraan, pastikan lokasi dekat dengan jalan. Atau jika bisa memang dipinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan bermotor.

Jenis Pom Mini

Jenis pom mini sebaiknya dipilih sesuai kebutuhan. Apabila Anda memiliki modal lebih, tidak ada salahnya memilih jenis pom mini yang bagus. Tetapi jangan terlalu dipaksa jika budget pas dengan pom mini yang biasa.

Pengelola

Anda bisa memilih dikelola oleh sendiri ataupun orang lain. Tapi jika Anda memang belum paham mengenai seluk beluk pom mini, tidak ada salahnya menyewa pengelola. Pastikan dia adalah orang yang benar-benar dapat Anda percayai.

Tentukan Jenis Pom Mini yang akan Anda Kredit

Sebenarnya, pom bensin mini bukan keluaran pertamina. Ini merupakan usaha individual. Selain itu jenis pom mini tentunya tidak hanya ada satu saja. Anda dapat memilih jenisnya sesuai kebutuhan dan modal yang dimiliki. Setidaknya ada empat jenis pom mini yang dapat Anda kredit nantinya. yaitu:

SPBU Mini Manual Biasa

SPBU ini merupakan jenis yang paling biasa. Penggunaannya masih terbilang manual. Beratnha mencapai 230kg dengan kapasitas 210Liter bensin. Bahannya sendiri dari stainless steel kualitas baik. Harganya terbilang murah berkisar Rp5 Juta.

SPBU Mini Manual Kios

Jenis ini lebih baik dari manual biasa. Memiliki berat 280kg dengan kapasitas bensin 210 liter. Bahannya terbuat dari plat besi dan stainless steel. Harganya sedikit lebih maha dari yang manual. Yaitu Rp7 Juta.

SPBU Mini Digital Portable

Jenis ini merupakan pom mini yang lebih bagus lagi. Bahkan bisa dipindah tempatkan. Jenis Digital Portable banyak digunakan karena dapat mengisi takaran bensin dengan akurat. Hal ini disebabkan karena pom mini jenis portable digital dilengkapi dengan sensor gansoline. Juga memompa bahan bensin secara otomatis. Harganya jauh lebih tinggi lagi, sekitaran Rp14 Juta rupiah.

SPBU Mini Digital Portable Double

Ini merupakan jenis yang paling baik diantara yg lainnya. Sesuai dengan namanya, pom mini digital portable double dapat diisi dua jenis bensin. Yaitu Pertamax atau Pertalite. Harganya lumayan tinggi, berkisar Rp26 Juta Rupiah per unit.

Setelah menentukan jenis pom mini yang akan Anda gunakan. Dan Anda sudah yakin untuk menjalankan usaha pom mini, bukan berarti masalah Anda beres sampai di sini saja.

Biasanya Anda diharuskan untuk mengisi surat izin usaha. Untuk apa? Agar usaha yang Anda jalankan legal dan tidak mengalami hambatan dikemudian hari.

Bagaimana cara mengurus surat izin usaha?

Caranya mudah saja, lengkapi dahulu persyaratannya seperti fotocopy KTP, fotocopy NPWP, fotocopy akta usaha—masing-masing tiga buah. Materai 6000. Selanjutnya datangi dinas kepengurusan setempat. Jangan lupa sertai juga dengan persetujuan dari RT/RW. Biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp300.000 untuk kepengurusan SIUP. Setidaknya ada 3 jenis SIUP yang biasa digunakan para pengusaha;

  • SIUP Kecil, untuk laba bersih Rp50 Juta sampai dengan Rp500 Juta.
  • SIUP Menengah, untuk laba bersih Rp500 Juta sampai dengan Rp10 M.
  • SIUP Besar untuk laba bersih minimal Rp10 M.

Setelah mengantongi izin usaha. Anda dapat menjalankan usaha pom minidengan tenang.

Nah, untuk pengisiannya sendiri atau pasokan bensin, langsung saja Anda datangi SPBU pusat. Perlu Anda ketahui, Anda akan dimintai keterangan surat izin usaha apabila saat mengisi bensin di atas 5 liter. Jika tidak memiliki, hanya akan diperkenankan paling banyak adalah 5 liter.

Dimana Anda Dapat Melakukan Kredit Pom Mini?

Banyak yang memberikan kemudahan dalam melakukan kredit. Anda dapat mendatangi langsung toko yang bersangkutan. Atau, Anda juga bisa melalukan kredit via online.

Hanya saja, sebaiknya Anda berhati-hati ketika memilih jasa kredit. Cari dahulu informasi yang akurat. Dan sebisa mungkin pilih lokasi yang tidak jauh dari tempat Anda tinggal.

NIAT

Banyak kiat yang dapat Anda lakukan ketika menjalankan sebuah usaha. Misalnya dengan melakukan pembaharuan atau variasi. Untuk usaha pom miniseperti ini misalnya, setiap bulan tertentu memberikan potongan harga bagi konsumen yang sering berkunjung. Atau mengadakan doprize.

Pelayanan yang ramah juga diperlukan. Apabila Anda memberikan kesan atau wajah yang tidak baik, konsumen akan kapok bertandang ke tempat Anda. Kenyamanan merupakan prioritas yang wajib disuguhkan oleh para perintis usaha. Semakin nyaman seorang konsumen dengan pelayanan Anda, semakin besar peluang pelanggan yang akan datang. Biasanya tradisi mulut ke mulut menjadi alasan banyak tidaknya orang bertandang ke usaha seseorang.

Jangan Lupa Promosi

Di luar hal itu, penampilan juga berpengaruh. Baik penampilan dari usaha atau retail—di sini, berarti tampilan pom mini yang terawat atau tidak. Ataupun tampilan dari pengelolanya. Jika tampilan Anda modis, setidaknya rapi dan enak dipandang, ini akan menjadi daya tarik bagi pelanggan.

Jangan lupakan juga adakan promosi-promosi yang menarik. Selalu senyum dan ramah terhadap setiap pelanggan dan tentunya berdoa agar usaha Anda dilancarkan.

Sekian penjelasan mengenai Kredit Pom Mini serta kiat usaha yang dapat Anda jalankan.

Sukses selalu.

Add a Comment