Gadai Sertifikat Tanah di BRI 2019

Gadai sertifikat tanah di BRI – Tidak selamanya kondisi keuangan kita baik baik saja, kadang lebih, pas pasan, bahkan kadang kekurangan. Sayangnyaa posisi kita sering di pas pasan, bahkan kekurangan. Untuk mencukup kebutuhan sehari hari saja kadang tidak mencukupi. Apalagi jika untuk biaya pengobatan atau biaya sekolah anak? Bingung. Kalau ada sepetak tanah kosong dan nganggur pasti inginnya dijual untuk memenuhi kebutuhan, namun kurang bijak menurut saya kalau dijual. Sebab harga tanah semakin kesini semakin mahal dan sulit untuk mendapatkannya. Jadi bijaknya, atau lebih baiknya di gadai saja.

Menggadaikan tanah berarti siap menanggung resiko resiko ke depannya. Tanah tersebut menjadi jaminan, bilamana keadaan anda tidak bisa melunasinya jaminan akan dicabut oleh Bank. Anda akan kehilangan tanah tersebut. Di setiap perjanjian kredit, semua menyatakan seperti itu. Tak terkecuali jika anda mengajukan pinjaman jaminan tanah nanti. Namun tidak perlu khawatir, selama rutin membayar angsuran perbulan tepat waktu. Anda tidak bakal kehilangan jaminan tersebut.

Syarat gadai sertifikat tanah di BRI

Sebelum mengetahui syarat gadai sertifikat tanah di BRI, anda harus tahu dulu jenis pinjaman bri yang digunakan. Setiap jenis pinjaman beda pula syarat-syaratnya. Untuk jenis pinjaman bank bri jaminan sertifikat tanah, anda bisa memilih KUPEDES BRI.

Kupedes BRI adalah salah satu produk pinjaman BRI multiguna untuk semua sektor ekonomi. Anda bisa menggunakan dana untuk keperluan apapun, mulai dari biaya pendidikan, renovasi rumah, liburan dll. Anda bisa mengajukan sesuai dengan nilai jaminan yang anda berikan. Namun umumnya tidak 100 %. Makismal hanya 80% dari nilai taksiran.

Keuntungan gadai tanah di BRI lewat kupedes adalah jaminan tidak harus bersertifikat. Artinya jaminan berupa ajb tanah, girik, petok D, leter c masih bisa digunakan. Hanya saja tetap mempertimbangkan lokasi jaminan.

Ketentuan :

  • Berpengenghasilan tetap, dengan minimal masa kerja 1 tahun
  • Memiliki usaha yang sudah memiliki ijin (minimal surat keterangan usaha dari pemda atau kelurhana setempat) dan telah berjalan aktif minimal 1 tahun pada bidang yang sama
  • Administrasi : KTP/SIM, Surat ijin usaha, dan jaminan serta NPWP (Jika mengajukan diatas 50 juta).

Biaya dan bunga

Berapa bunga dan biaya atas gadai sertifikat tanah di BRI. Bunga pertahun mencapai 13% per tahun. Biaya admin mulai dari Rp 10.000,- dan bebas biaya provisi. Ada juga pinalti dan denda keterlambatan sebesar 1% dari nilai angsuran. Anda tidak perlu khawatir ketinggalan bayar, karena pembayaran bisa dimana saja dan bisa auto debet, sehingga anda tidak perlu datang ke bank. Sudah otomatis terpotong dari tabungan.

Tabel Angsuran Pinjaman BRI Jaminan sertifikat tanah

Tabel angsuran gadai sertifikat tanah BRI
Tabel angsuran gadai sertifikat tanah DI BRI

Berdasarkan tabel angsuran pinjaman bri diatas, anda bisa mengajukan sampai 100 juta, bahkan lebih dengan jangka waktu 60 bulan. Silakan tentukan plafon dan jangka waktunya sesuai dengan kemampuan finansial anda. Besaran plafon tergantung dari nilai jaminan, umumnya 60-80 % dari nilai taksiran jaminan.

Baca : Gadai BPKB Motor BRI

Tips Mengajukan

Ada beberapa hal yang sering salah kapral dalam mengajukan pinjaman. Diantaranya, nasabah mengajukan di cabang bri yang tidak sesuai mereka tinggal. Sebab belum tentu bisa pakai surat domisli. Kemudian jaminan tidak pada jangkauan operasional BRI. Akhirnya ditolak. Jadi pastikan kalau mau gadai sertifikat tanah di BRI kalau lokasi tanah berada pada jangkauan BRI.

Tanah yang dijaminkan juga harus atas nama sendiri, kalau tidak bisa, anda harus membawa yang punya sertifikat tersebut utk tandan tangan persetujuan. Karena bank tidak ada mau sengketa setelah tanah dijaminkan. Tanah lokasinya tidak terlalu jauh dari akses kendaraan. Sebab bank juga mempertimbangkan semakin dekat jalan. Tanah tersebut memiliki nilai yang lebih bagus. Hal ini juga mempengaruhi besar dana yang cair.

Demikian informasi mengenai gadai sertifikat tanah di bank bri, beserta syarat dan tabel ansuran per bulan. Ikuti syarat dan ketetentuanya, dan pastikan tips tips anda pastikan sesuai agar pengajuan pinjaman jaminan surat tanah di bri diterima dengan plafon tinggi. Sekian, semoga bermanfaat. Terima kasih

Add a Comment