Daftar Leasing Syariah di Indonesia

DAFTAR LEASING SYARIAH
Amitra fif syariah, sumber : kontan.co.id

Keberadaan leasing syariah di Indonesia menjadi hal lumrah karena mayoritas pendudukan Indonsia adalah muslim. Dari tahun ke tahun jumlah pembiayaan syariah semakin banyak seiring dengan kesadaran masyarakat akan transaski sesuai hukum islam. Dimana leasing konvesnional menerapkan bunga kredit. Didalam islam, peneraban bunga kredit adalah sesuaitu yang haram. Bunga termasuk dalam riba yang dilarang. Nah, bagi anda yang berkeinginan kredit motor atau mobil bisa melihat daftar Leasing Syariah di Indonesia dalam artikel ini agar terhindar dari riba.

Apa itu leasing? yang sering kita dengar dalam pembiayaan kendaraan bermotor? Secara harfiah leasing berasal dari kata lease yang memiliki arti menyewa. Dalam ilmu syariah leasing dikenal sebagai Al Ijarah. Al Ijarah berasal dari kata al ajru yang memiliki arti al ‘iwadhu (ganti). Secara terminologi, Leasing merupakan rangkaian kegiatan mengalihkan hak untuk menggunakan dan memanfaatkan barang dari suatu perusahaan ke perusahaan lainnya dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut juga diatur rapi dalam SK Menteri Keuangan No.1169/KMK.01/1991 mengenai sewa guna usaha(leasing) .

Daftar Leasing Syariah di Indonesia

Beberapa daftar leasing syariah di Indonesia yang menyediakan berbagai pembiayaan, seperti pembiayaan multiguna, kredit kendaraan bermotor, dan kredit multiproduk.

BAF Syariah

BAF syariah merupakan unit Usaha Syariah (UUS) dari BAF yang juga menyediakan pembiayaan kredit konvensional. Namun UUS BAF sendiri baru beroperasi dari tahun 2012. Kemuncul BAF syariah, karena adanya permintaan pembiyaan syariah. Pada akhirnya, resmi no POJK dengan no 31/2014 tentang “Penyelenggaraan Usaha Pembiayaan Syariah” BAF kembali melakukan registrasi atas Unit Usaha Syariah (UUS). BAF memiliki dua produk, yakni pembiayaan kendaraan bermotor terutama merk yamaha baik bekas maupun baru. Yang kedua adalah dana syariah, yang merupakan pembiayaan refinancing multiguna.

Alif Finance

Alif finance adalah salah daftar leasing syariah di Indonesia yang masih anak perusahaan dari Bank Muamalat Indonesia. Lembaga pembiayaan syariah ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam sektor riil yang membutuhkan peran model pembiayaan dengan sistem Ijarah. Produk pembiayaan Alif finance meliputi embiayaan Konsumer untuk Pembiayaan kenaraan bermotor mobil baru/bekas. Kedua pembiayaan Korporasi untuk pembiayaan komersial. Beberapa skema Pembiayaan di ALIF antara lain :Murabahah, Ijarah,dan Muntahiyah bittamlik.

AMITRA – FIF syariah

FIF mungkin sudah cukup beken di lingkungan anda sebagai leasing kendaraan bermotor. Namun asal anda tahu, FIF juga memiliki unit usaha syariah dengan Brand unit AMITRA. FIF syariah tidak terlalu beda dengan FIF konvensional dalam menyediakan produknya. Yang dibedakankan adalah skema pembiayaannya. Produk FIF syariah meliputi kredit motor baru, kredit motor bekas, elektronik dan pinjaman mikro.

ACC syariah

ACC Syariah merupakan daftar leasing syariah yang merupakan brand unit usaha syariah (UUS) dari PT Astra Sedaya Finance. Astra sedaya finance dibawah naungan Astra Group. ACC Syariah memiliki produk yang sesuai syariah, mudah, nyaman. Anda bisa mengajukan kredit mobil syariah lewat ACC Syariah. Sebab ACC syariah fokus pada pembiayaan kredit mobil baru maupun kendaraan bekas semua merk dari berbagai type kendaraan.

CITIFIN Multi Finance Syariah

Terakhir, adalah multfinance syariah yang sudah cukup lama beroperasi di Indonesia sejak 1990 an, yakni CITIFIN Multi Finance Syariah. Walau beberapa kali berganti ganti karena perubahan pemilik saham mayoritas. Namun sampai saat ini masih terus beroperasi dengan pengalamannya melayani masyarakat. Produk unggulan leasing syariah ini adalah pembiayaan mobil baru dan bekas. Ada juga mulitguna untuk konsumen.

Adakah yang lain?

Selain daftar leasing syariah, masih banyak leasing syariah di Indonesia. Selain murni leaisng, ada juga pembiayaan syariah dari perbankan dan lembaga lainnya yang memiliki unit syariah, seperti KKB BCA syariah, KKB BRI syariah, KKB BNNI syarah dan Pegadaian syariah. Anda tidak perlu bingung mencari ketika mau kredit motor atau mobil syariah. Tinggal pilih.

Add a Comment