Cara Pinjam Uang di Bank BRI untuk Modal Usaha

cara pinjam uang di bank bri untuk modal usaha
cara pinjam uang di bank bri untuk modal usaha

Bank BRI merupakan salah satu bank milik pemerintah terbesar di Indonesia. Bank BRI atau Bank Rakyat Indonesia didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Lembaga keuangan ini berdiri pada tanggal 16 Desember 1895. Sehingga tanggal tersebut dijadikan sebagai hari kelahiran bank BRI. Saat ini, bank BRI melayani berbagai jasa pelayanan termasuk dalam hal pinjaman. Bagi Anda yang membutuhkan modal untuk usaha, Anda bisa mendatangi bank BRI dan mengajukan pinjaman uang tersebut. Ada beberapa cara pinjam uang di bank BRI untuk modal usaha. Apa saja jenis-jenis layanannya? Bagaimana persyaratan dan cara mengajukan pinjamannya? Apa saja keuntungan yang akan didapat dari pinjaman tersebut? Berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Cara Pinjam Uang di Bank BRI untuk Modal Usaha

Sebenarnya, banyak sekali jenis fitur pelayanan pinjaman yang bisa Anda dapatkan di bank BRI. Namun, jika keperluan meminjam uang tersebut untuk modal usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui kedua jenis fitur layanan yaitu melalui kredit usaha rakyat atau KUR dan kupedes. Sebelum mengetahui cara pinjam uang di bank BRI selanjutnya, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu kedua jenis pinjaman tersebut.

KREDIT USAHA RAKYAT

Jenis fitur yang pertama untuk cara pinjam uang di bank BRI adalah dengan layanan Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Kredit usaha rakyat ini dikhususkan untuk Anda yang ingin melakukan pinjaman modal usaha yang sudah Anda kelola minimal selama enam bulan. Jenis pinjaman ini ditujukan untuk para pelaku bisnis mikro, kecil dan menengah.

Selain itu, Bank BRI juga memiliki tiga jenis KUR. Yang pertama adalah KUR Ritel yang merupakan kredit modal kerja untuk diberikan kepada nasabah yang sudah memiliki usaha produktif. Cara pinjam uang di bank BRI ini bisa diberikan sebesar Rp. 25.000.000 sampai Rp. 500.000.000 dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Jenis KUR yang kedua adalah KUR Mikro yang merupakan kredit modal kerja atau investasi kepada nasabah sebesar Rp. 25.000.000. Dan yang terakhir adalah KUR TKI. Cara pinjam uang di bank BRI ini khusus dilakukan untuk para calon TKI yang akan pergi ke negara penempatan dengan jumlah pinjaman yang diberikan sebesar Rp. 25.000.000.

Jenis fitur kedua untuk cara pinjam uang di bank BRI adalah melalui fitur kupedes. Jenis pinjaman ini bersifat umum yang ditujukan untuk individu maupun pelaku usaha. Dalam pinjaman ini, Anda bisa mengajukan pinjaman uang untuk modal usaha baik yang sudah jalan maupun yang akan mulai berjalan.

Persyaratan dan Cara Pinjam uang di Bank BRI untuk Modal Usaha

Jika Anda ingin mengajukan salah satu dari jenis pinjaman tersebut. Maka Anda harus memperhatikan persyaratan yang telah ditentukan serta bagaimana langkah-langkah cara pinjam uang di Bank BRI untuk modal usaha tersebut. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Persyaratan dan langkah-langkahnya bisa Anda lakukan dengan mudah. Kuncinya, Anda hanya perlu mengumpulkan dokumen yang diminta serta memiliki kriteria yang sesuai dengan persyaratan.

Kredit Usaha Rakyat atau KUR

Untuk cara pinjam uang di bank BRI melalui KUR Mikro, maka syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Individu atau perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak
  • Usaha yang dilakukan sedang berjalan minimal sudah 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit apapun kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan kartu kredit

Untuk persyaratan administrasi cara pinjam uang di bank BRI, maka persyaratan yang harus Anda lampirkan diantaranya identitas diri berupa KTP, kartu keluarga atau KK, dan surat ijin usaha. Sedangkan untuk persyaratan kreditnya, besaran kredit yang bisa diperoleh maksimal senilai Rp. 25.000.000. Anda bisa memilih jenis kredit yang digunakan seperti kredit modal kerja atau KMK dengan jangka waktu maksimal tiga tahun atau kredit investasi dengan jangka waktu maksimal lima tahun. Suku bunga yang ditangguhkan senilai 7% efektif pertahun atau setara dengan 0.41% flat perbulan.

Berikutnya adalah cara pinjam uang di bank BRI untuk modal usaha melalui KUR Ritel. Syarat dan ketentuan untuk KUR Ritel adalah sebagai berikut:

  • Memiliki usaha yang produktif dan layak
  • Tidak sedang menerima kredit apapun dari perbankan kecuali kredit konsumtif, seperti KPR, KPB dan kartu kredit
  • Telah menjalankan usaha tersebut minimal selama 6 bulan
  • Memiliki surat ijin Usaha Mikro dan Kecil (UMK) atau surat ijin lainnya yang masih satu jenis
  • Untuk persyaratan kreditnya masih sama dengan ketentuan persyaratan kredit seperti KUR Mikro
persyaratan untuk KUR TKI

Dan yang terakhir adalah persyaratan untuk KUR TKI. Cara pinjam uang di bank BRI untuk modal usaha TKI adalah sebagai berikut:

  • Merupakan individu atau perseorangan calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan
  • Melampirkan identitas KTP atau kartu keluarga
  • Melampirkan perjanjian kerja dengan pengguna jasa serta perjanjian penempatan
  • Memiliki passpor dan Visa serta persyaratan lainnya yang sesuai ketentuan

Sementara untuk persyaratan kredit cara pinjam uang di bank BRI Anda harus mengetahui terlebih dahulu besaran kredit maksimalnya. Yaitu senilai Rp. 25.000.000 atau sesuai dengan cost structure yang ditetapkan pemerintah. Suku bunga yang ditangguhkan senilai 7% efektif pertahun atau setara dengan 0.41%flat. Tidak dipungut biaya provinsi maupun administrasi, memiliki jangka waktu maksimal tiga tahun atau sesuai kontrak kerja dengan tujuan negara penempatan adalah Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia.

Jika Anda sudah melengkapi persyaratan yang ditentukan, maka selanjutnya tinggal mendatangi kantor BRI terdekat di kota Anda. Cara pinjam uang di bank BRI ini bisa Anda lakukan secara mudah dan cepat. Pertama, Anda harus mengajukan surat permohonan KUR kepada bank dengan melampirkan dokumen seperti legalitas usaha jika ada, perizinan usaha, catatan keuangan dan persyaratan lainnya.

Selanjutnya bank akan mengevaluasi kelayakan usaha UMKMK berdasarkan permohonan UMKMK tersebut. Jika bank menyetujui permohonan KUR Anda, maka cara pinjam uang di bank BRI ini telah bisa Anda dapatkan. Kemudian, Anda tinggal menunggu proses pencarian dan membayar angsuran setiap bulannya.

 KUPEDES

Cara pinjam uang di bank BRI melalui kupedes  juga terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda lampirkan, diantaranya melampirkan dokumen berisi tentang legalitas usaha (minimal surat keterangan usaha dari kepala desa/lurah/pasar), melampirkan bukti identitas diri berupa KTP atau SIM dan memiliki pengalaman usaha minimal satu tahun.

Untuk cara pinjam uang di bank BRI melalui kupedes selanjutnya adalah Anda tinggal mendatangi kantor BRI terdekat untuk pengajuan pinjaman modal usaha Anda. Lakukan setiap tahapnya dan isi formulir yang diminta dengan tepat dan benar. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu apakah proses pinjaman Anda dapat diterima atau tidak.

Keuntungan yang Diperoleh dari Cara Pinjam Uang di Bank BRI untuk Modal Usaha

Dari cara pinjam uang di bank BRI untuk modal usaha, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yang bermanfaat bagi Anda. Diantaranya Anda bisa memenuhi kebutuhan modal usaha Anda, baik itu yang sudah berjalan atau yang akan berjalan. Bunga yang dikenakan pun tidak terlalu besar sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika akan melakukan pembayarannya.

Keuntungan dari cara pinjam uang di bank BRI selanjutnya adalah agunan yang Anda ajukan tidak perlu bersertifikat, bisa melakukan angsuran sesuai kebutuhan, biaya administrasi yang dikenakan pun mulai dari Rp. 10.000 dan bebas biaya provinsi. Anda juga akan memperoleh bonus dan asuransi jiwa jika Anda bisa membayarnya dengan tepat waktu.

Cara Pinjam Uang di Bank BRI untuk Modal Usaha

Dengan demikian, cara pinjam uang di bank BRI tersebut dapat Anda lakukan dengan memilih antara akan melakukan dengan menggunakan KUR atau kupedes. Anda bisa memilih salah satu diantaranya untuk pinjaman modal usaha Anda. Selamat mencoba.