BNI TAPLUS Anak : Latihan Menabung Sejak Dini

buka tabungan BNI Taplus anak
buka tabungan BNI Taplus anak

Anda tentu pernah mendengar peribahasa hemat pangkal kaya bukan? Bukan tanpa sebab peribahasa tersebut dapat tercipta karena memang, dengan berhemat, kita akan lebih memiliki potensi untuk jadi kaya. Sebelum berbicara soal kaya, kebiasaan menabung ini bagi kita yang sudah dewasa atau yang sudah memilki penghasilan pun tidak semudah itu untuk menumbuhkan kebiasaan baik ini, apalagi jika pada anak. Mengingat pentingnya menabung, tak jarang banyak orang tua yang mencoba mengajarkan anaknya untuk mulai berhemat dengan cara menabung di bank. Salah satunya, kalian bisa buka rekening tabungan bni taplus anak.

Berbicara soal mengajarkan anak untuk menabung, dapat dibilang susah-susah gampang. Mengapa? Karena menabung tidak hanya soal materi, tetapi  skill yang tentunya belum dikuasai oleh anak. Oleh karrenanya, mengajarkan anak untuk mulai membiasakan menabung merupakan hal yang baik. Tujuan dari mengajarkan mereka untuk menabung juga sebaiknya tidak hanya semata supaya mereka memiliki saving sendiri, tetapi yang lebih penting adalah agar anak terbiasa memiliki manajemen diri dalam mengatur keuangannya kelak. Dengan menumbuhkan kebiasaan menabung sejak dini diharapkan anak dapat tumbuh menjadi orang yang bijak dalam mengatur keuangan, jauh dari gaya hidup hedon, atau berfoya-foya yang tidak ada manfaatnya.

Nilai Nilai Dalam Menabung Untuk Anak

Mengingat pentingnya skill dan kemampuan untuk mengatur keuangan, tidak ada salahnya jika kita mulai mengajarkan anak-anak tentang menabung sejak dini. Beberapa hal mendasar yang harus di ajarkan pada anak sejak dini adalah :

1. Mulai dari menyisihkan uang saku atau menabung

2. Bahwa uang tidak akan datang dengan tiba-tiba, namun harus bekerja terlebih dahulu agar mendapatkan uang.

3. Mulai dilatih untuk membedakan mana yang memang kebutuhan mana yang keinginan.

4. Menghamburkan uang alias boros tidak dibenarkan dalam agama

5. Bagaimana uang bisa ada, atau bagaimana cara menghasilkan uang

6. Tentang beramal

Lalu apakah sulit mengajarkan anak menabung sejak usia dini? Anda mungkin belum tahu tetapi anak sudah bisa di ajari sejak usia 4 tahun.  Anda dapat mulai dengan pengenalan uang logam dan uang kertas, lalu setelahnya mengenalkan nilai masing-masing koin. Melatih anak agar mulai menabung sejak dini merupakan satu aktifitas challenging yang tidak hanya membutuhkan kesabaran namun juga membutuhkan kreatifitas. Berikut ini ada beberapa tips mudah agar anak tertarik dengan kegiatan menabung:

1. Berikan uang saku yang cukup dan bekal makanan.

Cukup disini maksudnya adalah sebagian bisa mereka pakai untuk jajan dan sebagian lagi dapat mereka sisihkan untuk ditabung.

2. Sediakan tiga macam celengan untuk anak

Sediakan 3 macam celengan dengan bentuk yang berbeda untuk anak. Anda bisa juga memanfaatkan botol air mineral bekas. Yang perlu anda lakukan adalah beri tempelan pada masing-masing botol tersebut dengan tulisan “ditabung”, “jajan”, dan “beramal”. Sesuai dengan labelnya, masing-masing celengan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Celengan Tabungan dapat Anda masukkan bank apabila sudah dirasa terkumpul cukup banyak atau bisa juga dibuat sistem mingguan. Jadi Anak lebih merasa semangat untuk menabung.

Syarat Buka Rekening Tabungan untuk Anak

Saat ini, tersedia banyak bank yang menawarkan produk serta fasilitas tabungan junior atau tabungan khusus untuk anak. Dengan setoran minimal yang memang sangat terjangkau untuk Anak, kita bisa sambil mengajarkan anak bagaimana cara untuk menabung di bank, dari cara menulis setoran di bank, cara menghitung jumlah uang, bagaimana cara antri di teller serta melihat kegiatan yang berlangsung di bank.

Berbicara soal tabungan untuk Anak, BNI memiliki satu produk menarik yang khusus dibuat untuk memfasilitasi anak yang ingin menabung, namanya BNI Taplus Anak. BNI Taplus Anak merupakan tabungan yang dikhususkan bagi anak usia 0 s/d 17 tahun. Berbeda dari bank lainnya, BNI Taplus anak ini memiliki fitur menarik seperti:

  • Setoran awal yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp 100 ribu saja
  • Fitur notifikasi SMS yang bisa dikirimkan ke ponsel orangtua terkait transaksi yang dilakukan melalui rekening anak.
  • Nama anak dapat tercetak pada kartu
  • Serta promo merchant menarik yang dikhususkan untuk anak-anak.

Langkah membuka Rekening BNI Taplus Anak

Lalu bagaimana sih cara membuka rekening BNI Taplus Anak? Seperti yang dilansir dari website resmi BNI, berikut langkah-langkah untuk membuka rekening BNI Taplus Anak:

  1. Pertama, Anak akan diminta untuk mengisi Formulir Aplikasi Data Nasabah (CIF) Perorangan dan Formulir Pembukaan Rekening yang nantinya ditandatangani oleh anak/orangtua.
  2. Untuk dapat membuka rekening BNI taplus anak ini, anak akan diminta untuk melampirkan copy Akte Kelahiran atau Kartu Pelajar atau bisa juga dengan Kartu Keluarga.
  3. Kita sebagai orangtua juga diminta untuk mengisi Formulir Persetujuan Pembukaan Rekening dan Pelaksanaan Transaksi serta melampirkan copy Bukti Identitas Diri (KTP/SIM/Paspor) kita.
  4. Membayarkan setoran awal sejumlah Rp 100. 000. Untuk selanjutnya, setoran dapat dilakukan dengan minimal nominal sejumlah Rp 10.000.
  5. Selesai, tunggu petugas bank selesai memproses rekening baru anak Anda.

Dengan membuka rekening tabungan di BNI taplus anak, secara tidak langsung kita melatih anak untuk selalu berhemat. Untuk mensiasati agar menabung di rekening bni taplus mereka, buatlah jadwal “pergi ke bank’ bersama dengan anak untuk menyetorkan tabungan, misalkan seminggu sekali atau sebulan sekali. Semoga beberapa tips diatas dapat membantu Anda dalam mengajarkan anak pentingnya menabung ya! Semoga artikel ini dapat membantu!

Add a Comment